oleh

Pj.Bupati Konawe Dukung Pembentukan PWI Konawe Segera Dibentuk

-Sultra-72 views

SultraOne.com.Konawe – Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Tenggara sukses menggelar orientasi keorganisasian di Kabupaten Konawe, Kamis (6/6/2024) kemarin.

Dalam orientasi itu, sebanyak 20 wartawan di Konawe mengikuti kegiatan orientasi.

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba dan dihadiri oleh Ketua PWI Sultra, Sarjono, Ketua DPRD Konawe, Ardin dan Kapolres Konawe, AKBP Ahmad Setiadi.

Orientasi keorganisasian PWI Sultra Tahun 2024 yang dilaksanakan disalah satu hotel di Konawe ini mengusung tema “Menjunjung Tinggi Etika Menjamin Kemerdekaan Pers”.

Saat membawakan sambutannya, Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba mengungkapkan, wartawan merupakan mitra pemerintah yang menjadi corong dalam menyampaikan informasi pembangunan di Kabupaten Konawe.

“Bagi kami, wartawan adalah mitra yang dapat memberikan nuansa dalam pembangunan,” ujar Harmin Ramba.

Harmin juga mengharapkan agar wartawan menyajikan berita secara profesional dan berimbang, yang akan berdampak positif pada masyarakat.

Dikesempatan itu pula Pj Bupati Konawe menyatakan dukungannya agar PWI Kabupaten Konawe dapat segera terbentuk,

“Kalau bisa diusahakan agar segera bentuk PWI di Konawe” ujarnya.

Dalam kesempatan itu juga, Kapolres Konawe AKBP Ahmad Setiadi mengajak insan pers di Konawe untuk ikut membantu menjaga kedamaian jelang pelaksanaan Pilkada serentak pada November 2024 mendatang.

Dikatakannya, media memiliki peran penting dalam menciptakan kedamaian dan rasa tentram ditengah masyarakat.

Menurut Kapolres Konawe ini, media bisa di ibaratkan seperti air dan api.

Sesuatu yang tengah memanas di masyarakat jika di sulut dengan api (Media) maka apinya akan membesar.

Begitupun sebaliknya kondisi genting atau memanas di masyarakat jika disiram dengan air (Media) maka suasana tersebut akan kondusif.

“Persatuan dan kesatuan bukan hanya tanggung jawab kami namun merupakan tanggung jawab kita bersama, dan saya yakin PWI berkomitmen untuk menjaga kedamaian di masyarakat,” ujarnya.

Dirinya berharap dengan kegiatan orientasi keorganisasian PWI ini insan pers yang ada di Indonesia khususnya di Kabupaten Konawe semakin solid dan memiliki komitmen yang sama dalam hal menjaga kamtibmas.

Ia pun meminta agar insan pers yang ada di kabupaten Konawe untuk terus meningkatkan kualitas dan kapabilitas agar kedepan PWI Konawe segera terbentuk.

“Jadilah pelaku sejarah, semoga PWI Konawe segera terbentuk,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Ketua DPRD Konawe, Ardin menyatakan dukungannya agar PWI Konawe segera terbentuk.

Ardin bahkan membandingkan dengan Kabupaten lain yang merupakan bagian dari pemekaran Konawe sebagai Kabupaten induk yang malah sudah memiliki PWI Kabupatennya.

“Apa bedanya dengan Kabupaten lain yang sudah terbentuk, jika sudah memenuhi syarat sebaiknya segera dibentuk. Kalau perlu sebelum bulan ini berakhir kepengurusan PWI Konawe sudah bisa terbentuk” ujar Ketua DPRD Konawe ini.

Ardin meminta kepada pengurus PWI Sultra agar PWI Konawe segera terbentuk, secara pribadi dan kapasitasnya sebagai Ketua DPRD Kabupaten Konawe mendukung penuh terbentuknya PWI di Bumi Konawe.

“Lebih cepat dibentuk, lebih baik,” ujar Ardin.

Anggota DPRD Provinsi Sultra terpilih ini mengatakan wartawan merupakan corong, mata dan telinga masyarakat.

Keberadaan media atau pers sebagai pilar ke 4 demokrasi, sangat menentukan nasib bangsa.

Oleh karena itu Ardin menegaskan agar insan media menjalankan tugas dan fungsinya secara profesional dan berintegritas.

“Media adalah mata dan telinga masyarakat, jangan takut menulis berita, sampaikan kebenaran kepada masyarakat karena kepentingan masyarakat diatas segalanya,” tegas Ardin.

Ketua PWI Sultra, Sarjono menekankan, kemerdekaan pers adalah bentuk kedaulatan masyarakat dan dalam menjalankan kebebasan dalam berkarya, wartawan harus menjaga etika sebagai bagian dari proses moral dalam menjalankan tugas jurnalistik.

“Tentunya dalam menjalankan kebebasan harus menjaga etik yang merupakan proses moral wartawan dalam menjalankan tugas sebagai jurnalistik,” tuturnya.

Untuk diketahui, Sarjono juga memberikan plakat dan piagam penghargaan kepada Pj Bupati Konawe, Ketua DPRD Konawe, Kapolres Konawe, Kadis Kominfo Kabupaten Konawe. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *