by

Raih Penghargaan Indonesia Awards 2022, Ketua DPRD Konut Dukung Pemkab Tingkatkan UMKM

-Konut-415 views

SultraOne.Com,KONUT – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe Utara (Konut) apresiasi kinerja dan sinergitas bupati, wakil bupati, sekda dan jajarannya, memberikan pencapaian membanggakan atas pemberian penghargaan Indonesia Awards 2022,

Penghargaan Indonesia Awards 2022, diberikan kepada Bupati Konawe Utara, Dr. Ir. H. Ruksamin, S.T., M.Si., IPU., ASEAN.Eng, atas inovasi, dedikasi, dan konsistensinya dalam membangun perekonomian serta pertumbuhan investasi daerah kabupaten konut.

Menanggapi hal itu, Ketua DPRD Konut, Ikbar, SH.,MH, mengatakan, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Konut harus mengalami peningkatan dari tahun ke tahunnya, serta sangat berkontribusi terhadap Pembangunan Ekonomi daerah di Indonesia.

“Harapan inilah DPRD Konut inginkan kepada pemkab berbuat untuk rakyat, yang dimana pelaku UMKM sangat penting. Sebab, potensi basis ekonomi nasional yang kuat karena jumlah UMKM terutama usaha mikro yang sangat banyak dan daya serap tenaga kerja sangat besar,” Jelas Ikbar diruang kerja, jum’at 28/10/2022

DPRD dan Pemkab Konut, kata Ikbar, tentunya berharap bagi pelaku usaha harus menaikkan kelas usaha mikro menjadi usaha menengah. Basis usaha ini juga terbukti kuat dalam menghadapi krisis ekonomi.

“Saat ini UMKM di Konut berjumlah 3.512. Usaha mikro juga mempunyai perputaran transaksi yang cepat, menggunakan produksi domestik dan bersentuhan dengan kebutuhan primer masyarakat,” Paparnya.

DPRD dan Pemerintah menyadari akan potensi UMKM tersebut, oleh sebab itu, beberapa tahun terakhir ini, DPRD bersama Pemerintah mengambil kebijakan untuk meningkatkan kapasitas usaha mikro dan kecil agar dapat naik level menjadi usaha menengah.

“Alhamdulillah, saat ini sudah banyak juga UMKM yang telah difasilitasi misalnya pelatihan, BLK, bantuan modal dan pendampingan anggaran melalui pemerintah daerah,” Bebernya.

Menurut Ikbar, peningkatan UMKM dapat menjadi suatu cara yang sangat efektif untuk menciptakan kemandirian suatu bangsa dan bisa membebaskan kebebasan dari permasalahan dan membantu pemerintah kabupaten konut dalam mewujudkan masyarakat sejahtera dan berdaya saing

Laporan: Wiwin

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERKINI