oleh

Batik Ecoprint Butur Siap Di Perkenalkan Jelang HUT Sultra Ke-58

SultraOne.Com, Buton Utara-Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buton Utara (Butur) Muhammad Hardhy Muslim, didampingi Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Muniarty M. Ridwan, memimpin Rapat Pemantapan persiapan Pameran Potensi Pembangunan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Ke-58, di aula Setda Butur. Kamis,(19/05/2022)

Buton Utara-Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buton Utara (Butur) Muhammad Hardhy Muslim, didampingi Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Muniarty M. Ridwan, memimpin Rapat Pemantapan persiapan Pameran Potensi Pembangunan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Ke-58, di aula Setda Butur. Kamis,(19/05/2022)

Dalam sambutannya, Sekda Butur, Muh. Hardhy Muslim, menjelaskan kepada Instansi terkait agar Bahan pameran yang akan di gelar pada tanggal 22 sampai dengan 28 Mei 2022 di Kota Baubau nanti merupakan produk khas Butur yang jarang dimiliki oleh daerah lain, khususnya di wilayah Sultra.

“Pameran kali ini sedikit berbeda dengan pameran sebelumnya, Butur akan menampilkan sekaligus mempromosikan produk unggulan yang unik, menarik dan ramah lingkungan,” ungkap Hardhy Muslim

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Dekranasda Butur, Muniarty M. Ridwan ikut mengungkapkan terkait bahan pameran pembangunan, pariwisata dan ekonomi kreatif pada peringatan HUT Sultra tahun ini. Pihaknya memilih produk batik ecoprint dan kerajinan pernak pernik alami yang memanfaatkan limba sisik ikan.

Menurutnya batik ecoprint Butur sudah pernah ditampilkan di kanca nasional dan kerajinan ini merupakan salasatu produk unggulan baru bagi Buton Utara yang dapat bersaing dipasaran.

“Selain unik, corak warna-warni yang berasal dari dedaunan alam dikombinasikan dengan kain polos menjadi nilai seni tersendiri serta dapat meningkatkan usaha ekonomi baru bagi masyarakat pengrajin lokal,” ujar Ketua Dekranasda, Muniarty M Ridwan

Adapun bebrapa jenis produk unggulan lainya yang siap digelar pada pameran Pembangunan dalam rangka HUT Sultra 2022, antaralain Kopra putih, minyak kelapa murni (VCO) lokal Butur dan sejumlah hasil Pertanian seperti aneka varietas beras lokal, umbi-umbian, kacang-kacangan serta hasil perikanan diantaranya, lobster, kepiting dan sambal ikan.

Laporan:Shun waode

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *