oleh

Kemenag Baubau Gelar Rakor dan Evaluasi Kerja Penyuluh Agama Islam 

-Baubau-555 views

SultraOne.Com, Baubau – Rapat Koordinasi dan Evaluasi Kinerja penyuluh PNS dan non PNS lingkup Kantor Kementerian Agama Kota Baubau Tahun 2020 di Ikuti Penyuluh Agama Islam Se- Kota Baubau, Masjid Kantor Kemenag Baubau. Senin, 19 Oktober 2020.

Ketua Kelompok Kerja Penyuluh (Ket. Pokjaluh) Kota Baubau, Dr. Halking, dikonfirmasi usai pertemuan, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan peran dari Penyuluh Agama Islam.

“Ini untuk mengoptimalisasi peran penyuluh Agama Islam (PAI) pada masa pandemi Covid 19 melalui peningkatan mutu PAI di KUA Kecamatan dan Konten dakwah media sosial”, ungkapnya.

Lebih lanjut, sebagai Penyuluh Agama Islam, Halking mengatakan ada 4 kompetensi yang perlu dioptimalkan.

“Yang Pertama, Kompetensi personal, menguasai ilmu agama, Komunikasi, sosial dan moral.bKedua, Kompetensi substantif, mengusai materi penyuluhan, Ketiga, Kompetensi metodologis yaitu, menguasai berbagai metode penyuluhan yg relevan dan kontekstual dan keempat Kompetensi administrasi, yaitu menguasai berbagai administrasi kepenyuluhan,” tuturnya.

Ia melanjutkan, Penyuluh sebagai garda terdepan Kementerian Agama agar berusaha menguasai Ilmu dan Tekhnologi (IT) sehingga dapat mengoptimalkan dakwah terutama melalui media sosial masing- masing penyuluh.

“Misalnya, membuat video dakwah durasi 3-5 lalu kirim di Medsos.Selebihnya, Pokjaluh dan Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) akan tetap aktif melakukan bimbingan terhadap PAI PNS dan Non PNS semoga menjadi penyuluh profesional, sekaligus selalu berkoordinasi dan meminta petunjuk dan arahan dari Kepala Kantor Kemenag Baubau, dalam menjalankan tugas kepenyuluhan dilapangan,” tutupnya.

Laporan : Wahid

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *