oleh

Lapas Perempuan Akan Dibangun di Atas Lahan Seluas 5 Hektare

-Hukum-1,092 views

KENDARI.SultraOne.com – Akhirnya Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum Ham) Sulawesi Tenggara (Sultra) akan membangun lapas khusu perempuan di Nanga-nanga, Kelurahan Andonohu, Kecamatan Poasia, Kota Kendari dengan luas 5 hektar.

Diketahui rencana tersebut sudah lama akan dijalankan, namun terkendala akibat belum adanya lahan tempat akan dibangun, kini rencana itu sudah akan dilakukan setelah pihaknya mendapatkan hibah dari Pemprov Sultra.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sultra, Sofyan saat ditemui diruang kerjanya mengatakan setelah hibah itu diterima pembangunan akan dimulai pada Oktober 2018, dengan kapasitas 250 hingga 300 orang.

“Rencananya pembangunan akan dilaksanakan secara bertahap, saya prediksi anggaran pembangunan masuk ke APBNP di penghujung bula juni, juli dan pelaksanaan mungkin di Oktober 2018 ini,” ungkapnya.

Dalam pembangunan tahap pertama di tahun pertama, Kemenkumham Sultra bakal membangun tembok keliling, dan  gedung utama dulu karena waktu tidak akan mencukupi. Di tahun ke dua, dilakukan pembangunan beberapa blok, dapur, poli klinik, dan tahun ke tiga perampungan pembangunan tembok keliling full dan pagar pembatas.

“Semoga kita bisa rampungkan semua pembangunan sehinga dapat mengantisipasi over kapasitas tahanan di Lapas kendari. Nantinya ketika pembangunan lapas khusus perempuan rampung maka semua tahanan yang sudah putus di pengadilan wajib di tempatkan di lapas ini,” tuturnya.

“Yang paling urgen sekali ialah para Napi perempuan harus dipisahkan dari napi laki-laki, tingkat kerawan pun juga sangat tinggi, sehingga Kemenkumham mempriotitaskan pembanguna lapas khusus perempuan, terlebih lagi saat ini tercatat sudah 85 napi perempuan yang menjalani masa tahanan di Lapas Kendari, dan saat ini kondisinya berdesakan dengan napi lainnya,” ungkapnya.(Fdh/SultraOne)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *