oleh

Lukman Abunawas-La Ode Ida Tertinggi Elektabilitas di Pilgub Sultra

-Sultra-120 views

SultraOne.com, Konawe – Pasangan Lukman Abunawas-La Ode Ida disebut meraih elektabilitas tertinggi di antara empat paslon Pilgub Sulawesi Tenggara.

Paslon yang diusung PDIP dan Partai Demokrat meraih persentase elektabilitas sebesar 33,8 persen. Posisi kedua adalah pasangan Andi Sumangerukka-Hugua sebesar 25,7 persen.

Demikiah hasil rilis survei The Haluoleo Institute (THI) terkait perspektif publik Pilgub Sultra dan Pilwali Kota Kendari 2024, Rabu (25/9/2024).

“Elektabilitas tertinggi Lukman Abunawas karena didorong rekam jejak sebagai mantan bupati, sekda hingga wakil gubernur. Sedangkan La Ode Ida adalah mantan anggota DPD RI dua periode,” tutur Direktur Eksekutif THI, Naslim Sarlito Alimin.

Faktor pendorong elektabilitas lainnya, lanjut Naslim karena pasangan tersebut lebih dulu memutuskan untuk berpasangan dibanding paslon lainnya. Dengan begitu masyarakat melihat lebih stabil untuk bisa menerangkan tentang pasangan calon.

“Nilai elektabilitasnya dominan karena konsolidasi tim sudah jauh-jauh hari. Kemudian rekam jejak LA dan La Ode Ida lebih terekam dalam memori masyarakat.

Adapun paslon lain dinilai THI terlalu dini dan injury time dalam menetapkan pasangan calon. (Red/SO)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *