oleh

Pj.Bupati Konawe HR Menyalurkan Bantuan Kepada Warga Terdampak Bencana Banjir di Desa Waworaha

-Sultra-279 views

SultraOne.com.Konawe – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe menyalurkan bantuan sembilan bahan pokok dan air mineral kepada keluarga terdampak bencana banjir di Desa Waworaha Kecamatan Lambuya Kab.Konawe Provinsi Sulawesi Tanggara yang diserahkan langsung Pj.Bupati Konwe Harmin Ramba.Sabtu (11/05/2024)

Pj.Bupati Konawe Harmin Ramba didampingi Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kadis Sosial dan sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Pj.Bupati Harmin Ramba meninjau lokasi banjir yang merendam pemukiman warga Desa Waworaha sekaligus menyerahkan bantuan sembako kepada 150 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak.

Pj.Bupati Konawe Harmin Ramba mengatakan bahwa kedatangannya di lokasi bencana banjir tersebut sebagai wujud kepedulian pemerintah daerah terhadap kondisi yang menimpa warga masyarakat,kami datang untuk memberikan support kepada keluarga kita yang sedang terdampak bencana banjir,” kata Harmin Ramba.

“Pemerintah daerah harus hadir di saat masyarakat sedang membutuhkan bantuan,selain sebagai bentuk dukungan moril, kehadiran pemerintah daerah bisa memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi,kita berikan bantuan jangka pendek berupa sembako dan air mineral kepada mereka yang terdampak banjir”,kata Harmin Ramba.

Lanjut Harmin Ramba,Kepada keluarga terdampak banjir,kami pemerintah berjanji akan mencarikan solusi agar daerah tersebut tidak terus menerus menjadi langganan banjir,Ini daerah langganan banjir yang harus dipikirkan solusinya. Ke depan, pemerintah daerah akan mengambil langkah – langkah penanganan agar tidak terjadi lagi hal serupa

“Selain penanganan banjir,kami juga akan adakan perbaikan jalan tahun 2025 berupa pengaspalan jalan masuk ke Desa Waworaha dan Watarema sepanjang 2 kilometer serta pengerasan jalan sepanjang 6 kilometer,erkait penanggulangan banjir ke depan, akan berkoordinasi dengan pihak Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi IV Kendari”,ungka Harmin Ramba

Harmin Ramba menmabahkan,tanggul yang jebol di sisi Sungai Konaweeha yang selama ini menjadi penyebab banjir, Pemda tidak bisa bertindak langsung karena masuk area DAS Konaweeha dan itu masih kewenangan pihak balai. Tetapi pemerintah Konawe akan terus berupaya melakukan koordinasi

Selanjutnya, sebagai bentuk kepedulian, Harmin Ramba memberikan bantuan
Benih Padi untuk 200 Ha sawah warga yang tenggelam dan 200 Ha untuk benih jagung pakan serta 1 Unit Hand Traktor yang langsung disaksikan oleh Kadis Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP), H. Gunawan Samad.

Sebelumnya, Harmin Ramba juga meninjau dan menyalurkan bantuan serupa di lokasi banjir Desa Laloika dan Wonua Monapa Kecamatan Pondidaha, Jum’at 10 Mei 2024 kemarin. Pada kesempatan itu, Harmin Ramba menyalurkan bantuan kepada 39 KK di Desa Laloika dan 45 KK di Desa Wonua Monapa.

Usai meninjau lokasi banjir, Harmin Ramba mengatakan lokasi tersebut merupakan langganan banjir. Banjir ini diakibatkan oleh luapan sungai Konaweha. Oleh karenanya, diperlukan penanganan penanggulangan banjir di lokasi setempat.

“Kondisi ini tidak bisa dibiarkan. Pemerintah harus memberikan solusi,” kata Harmin Ramba, Jum’at 10 Mei 2024 saat meninjau langsung lokasi banjir di Desa Laloika Kecamatan Pondidaha.

Untuk penanganan jangka pendek, Harmin Ramba berjanji akan membuat kolam retensi. Sehingga ke depan tidak ada lagi banjir yang menggenangi pemukiman warga.

“Kita akan carikan lokasi yang sesuai untuk dibangunkan kolam retensi. Ini adalah solusi jangka pendek yang harus dikerjakan oleh pemerintah daerah,” janji Harmin Ramba.

Diketahui, tingginya curah hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara sepekan terakhir mengakibatkan sungai Konaweha meluap dan merendam pemukiman warga di dua kecamatan yakni Kecamatan Pondidaha dan Lambuya. Kedua wilayah ini merupakan daerah langganan banjir tahunan di saat musim penghujan tiba.(Red/SO)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *