oleh

Rusdianto: Pemilu Jurdil Akan Melahirkan Pemimpin dan Wakil Rakyat Yang Berintegritas

-Konawe, Lipsus-109 views

SultraOne.com.Konawe – Pemilihan umum (Pemilu) Presiden dan Wakil Presiden serta legislatif yang akan digelar secara serentak pada 14 Februari 2024 mendatang tinggal menghitung hari. Tensi politik nasional pun semakin memanas pasca debat Capres yang digelar pada Minggu malam , 7 Januari 2024 kemarin.

Usai debat, pendukung masing-masing pasangan calon (Paslon) sudah mulai saling “serang” di media sosial. Kondisi ini tidak dari pengamatan Wakil Ketua DPRD Konawe, Rusdianto SE MM.

Menanggapi situasi politik terkini menjelang pungut hitung suara, Rusdianto pun mengimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) dan tidak terpancing dengan berbagai narasi yang dibangun oleh sejumlah oknum pendukung paslon di media sosial.

Rusdianto menekankan pentingnya menjaga situasi yang kondusif agar proses demokrasi berjalan Jujur dan Adil (Jurdil). Sehingga kata dia, pemilu 2024 ini dapat menghasilkan wakil rakyat dan pemimpin nasional yang berintegritas.

“Mari kita ciptakan pemilu yang bermartabat, jujur dan adil sehingga melahirkan pemimpin yang berintegritas,”ajak RD sapaan akrab Wakil Ketua DPRD Konawe, Rabu 10 Januari 2024.

Menurut RD, dalam pelaksanaan pemilu 2024 ini, tentu masyarakat memiliki pandangan politik yang berbeda. Oleh karenanya, RD berharap masyarakat tidak menjadikan perbedaan itu untuk saling menjatuhkan hingga memutus tali silaturahmi.

“Beda pandangan dalam dunia politik itu hal yang biasa. Dukungan politik boleh berbeda tetapi persaudaraan harus tetap terjaga. Jangan karena beda pilihan, hubungan silaturahmi juga diputus, tidak boleh seperti itu,” kata RD.

RD mengatakan, peran aktif masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif sangat diharapkan. Dalam konteks ini, partisipasi masyarakat dianggap sangat vital untuk menjamin keberhasilan penyelenggaraan Pemilu.

“Kehadiran dan partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga Kamtibmas dapat menciptakan lingkungan yang kondusif. Pemilu damai, warga pun dapat menyalurkan hak pilihnya dengan tenang dan nyaman,”kata RD.

Lebih lanjut RD menyebut bahwa menjaga kamtibmas bukan hanya tanggung jawab aparat keamanan, tetapi merupakan tanggung jawab seluruh elemen masyarakat.

“Oleh karenanya, kami (DPRD Konawe) mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk turut serta dan aktif dalam menciptakan situasi yang aman dan damai menjelang Pemilu,”kata RD seraya mengajak masyarakat berperan aktif dalam menyukseskan pemilu serentak 2024.

Upaya kolaboratif antara DPRD, Aparat Penegak Hukum dan Masyarakat diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap keberhasilan Pemilu dan memperkuat fondasi demokrasi di Konawe.

Laporan: Redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *