oleh

Silaturahmi Bersama Ratusan Mahasiswa Konawe di Jakarta, Harmin Ramba Paparkan Program Prioritas Pembangunan Daerah

-Jakarta-114 views

SultraOne.com.Jakarta – Penjabat Bupati Konawe, Dr. H. Harmin Ramba, SE, MM memberikan kuliah umum sekaligus silaturahmi dengan mahasiswa-mahasiswi asal Konawe yang menempuh pendidikan di sejumlah Universitas di Jakarta, Sabtu 18 November 2023.

Kuliah umum yang digelar di salah satu hotel di Cempaka Putih, Jakarta tersebut difasilitasi oleh mahasiswa Konawe Raya di Jakarta dengan Koordinator Dr. Etny dan Dr. Syaharudin.

Bertajuk “Konawe Harapan Rakyat Indonesia” menuju pengembangan sumber daya manusia, kuliah umum tersebut dihadiri kurang lebih 250 mahasiswa – mahasiwi asal Konawe yang tersebar di sejumlah Universitas di Jakarta.

Mereka adalah mahasiswa – mahasiswi dari Universitas Jaya Baya, Universitas Ibnu Qaldun, Universitas Negeri Jakarta dan STIE Jakarta.

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Konawe menyampaikan apresiasinya terhadap semangat dan dedikasi mahasiswa asal Konawe yang berjuang untuk mengejar ilmu di tengah-tengah persaingan di Jakarta.

“Kalian adalah harapan Konawe di masa depan. Saya berharap kalian tidak hanya menjadi lulusan yang cerdas, tetapi juga memiliki kepedulian terhadap daerah asal serta dapat berkontribusi dalam pembangunan Konawe,” harap Harmin Ramba.

Melalui kuliah umum tersebut, Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba juga memaparkan sejumlah program yang skala prioritas pembangunan di Konawe dalam kurun waktu satu tahun ke depannya.

Program yang menjadi skala prioritas Harmin Ramba pada Tahun 2023, Pemda Konawe akan terus memantapkan Kapasitas Infrastruktur Publik untuk Mendorong Kelancaran Akses Sosial dan Ekonomi Masyarakat.

Sedangkan pembangunan tahun 2024, yakni mendukung Pelaksanaan Pemilukada dan Transformasi Pelayanan Menuju Smart Pelayanan Publik.

Selain itu, Harmin Ramba juga memaparkan sejumlah program 100 harinya selama menjabat sebagai pejabat (Pj) Bupati Konawe.

Bidang Pemerintah: Peningkatan pelayanan masyarakat, penegakkan disiplin ASN lingkup Pemda Kabupaten Konawe, kunker di wilayah terisolir Kecamatan Routa serta peningkatan kinerja camat lurah dan desa sebagai ujung tombak pelayanan pemerintahan di daerah.

Bidang Keuangan: Pembayaran gaji ASN tepat waktu setiap tanggal 1 bulan berjalan, perbaikan sistem pengelolaan keuangan daerah, dan pembayaran gaji P3K tepat waktu.

Bidang Pembangunan dan Lingkungan Hidup: Penataan ulang pohon pelindung dan ruang terbuka hijau Kota Unaaha, penambahan lampu hias pada jalur utama dan perbaikan taman Kota Unaaha.

Kemudian, sistem pengelolaan sampah di Kota Unaaha, desain penataan tata ruang Kota Unaaha, rehabilitasi pintu gerbang Kota Unaaha.

Bidang Ekonomi dan Sosial : Penyaluran beras bantuan pangan di Kecamatan yang berdampak El Nino dalam setiap kunjungan kerja, melakukan giat gerakan pasar murah dan operasi pasar dalam menekan inflasi, bantuan air bersih pada daerah berdampak El Nino dan melakukan pendampingan langsung terhadap keluarga yang rentan kemiskinan ekstrem.

Bidang Kesehatan: Menekan angka stunting melaui gerakan orang tua asuh oleh masing masing OPD, Forkominda dan PKK, melakukan swiping balita untuk penimbangan dan pengukuran balita, memperbaiki sistem pelaporan stunting dari tingkat puskesmas ke Kabupaten dan provinsi serta ke pusat.

Di hadapan ratusan mahasiswa dan mahasiswi asal Konawe tersebut, Pj Bupati juga menyampaikan 8 arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Menurut Harmin Ramba, Presiden Joko Widodo menekankan kepada seluruh kepala daerah untuk memastikan APBD dibelanjakan untuk produk dalam negeri, kabupaten memiliki diferensiasi dan memaksimalkan potensi daerah, jaga stabilitas Polhukam menuju pemilu tahun 2024 serta menjamin kebebasan beragama, jangan sampai kalah oleh kesepakatan.

Selanjutnya, kepala daerah harus bekerja keras untuk mengendalikan inflasi dan memantau langsung di lapangan, turunkan kemiskinan ekstrem hingga 0 persen tahun 2024, fokus turunkan stunting, perhatikan investasi, jangan ada proses izin berbulan-bulan.***(Red/SO)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *