oleh

THI Jagokan Surunuddin – Rasyid Jadi Pemenang di Pilkada Konawe Selatan

-Kendari, Politik-1,291 views

SultraOne.Com, Kendari – Dominasi pasangan Surunuddin – Rasyid di Pilkada Kabupaten Konawe Selatan agaknya masih sulit dipatahkan. Bahkan salah satu lembaga survei yaitu The Haluoleo Institute (THI) lebih menjagokan pasangan berakronim Suara itu tampil sebagai pemenang pilkada.

Itu diungkap Direktur Eksekutif THI, Naslim Sarlito Alimin dalam kegiatan Komprensi Pers rilis hasil survei pilkada tiga kabupaten, Selasa (1/12/2020).
“Dari aspek elektabiltas pasangan Suara meraih angka 61, 1 persen dan relatif jauh mengungguli pasangan Endang – Wahyu Ade Pratama dan Rusmin Abdul Gani – Senawan Silondae,” ungkapnya.

THI menyebutkan, potensi elektabilitas pasangan Endang – Wahyu hanya berkisar 14,8 persen, sedangkan pasangan lainnya yaitu Rusmin – Senawan menempati posisi ketiga dengan elektabilitas 13,2 persen. Di Pilkada Konsel juga masih ada pemilih ragu kisarannya 10,9 persen.

“Hasil survei ini kami tetapkan 4,8 persen margin error dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Dari survei-survei pilkada sebelumnya hasil real count tidak terlalu jauh beda dengan hasil survei THI,” katanya.

Dalam kesempatan itu, THI juga memaparkan hasil survei di Pilkada Muna dan Wakatobi. Hasilnya, posisi petahana baik Rusman Emba dan Arhawi juga diprediksi tampil sebagai pemenang pilkada.

Laporan : Redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *