oleh

67 SMP Di Konawe Siap Laksanakan UNBK

-Sultra-1,180 views

SultraOne.Com, Konawe – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) bakal digelar serentak pada 20-23 April mendatang. Empat mata pelajaran yakni Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siap diujikan kepada para pelajar setingkat SMP tersebut. Di Konawe, pelaksanaan UNBK bakal diikuti oleh 67 SMP. Selasa, 4 Februari 2020.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Konawe, Suriyadi menerangkan, secara kronologis ditahun 2018-2019, pelaksanaan UNBK hanya diikuti kurang lebih 6 sekolah. Sementara, Tahun ini sudah 100 persen diikuti oleh 67 SMP se-Konawe. Dirinya menyebut, telah menerima info tinggal 13 SMP yang lagi proses penyelesaian dan pemasangan sistem jaringan pendukung pelaksanaan UNBK.

“Termasuk di wilayah yang sulit dijangkau seperti di kecamatan Routa. Insyaallah minggu ketiga Februari 2020, tim kami akan turun mengecek kesiapan UNBK disana,” ungkap Suriyadi.

Ketua PGRI Konawe itu mengaku, ujicoba pelaksanaan UNBK sudah dilakukan di beberapa sekolah. Memang ada kesulitan, tapi ia optimis masih punya waktu untuk memantapkan kekurangan yang ada. Namun, sambungnya, ada satu berita gembira di kecamatan Asinua. Disana, sudah ada tower provider XL bantuan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI.

“Kita juga sudah siapkan upaya antisipatif jika ada kendala peralatan. Kekurangan komputer bisa ditutupi dengan meminjam dari orang tua siswa. Kalau pemadaman, antisipasinya bisa dilakukan dengan menyewa genset. Soal jaringan, bisa dilakukan dengan menyiapkan hotspot portabel yang berbasis android,” ungkap Suriyadi

Laporan : Redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI