oleh

Ribuan Warga Kota Kendari Akan Menerima Dana BPNT

-Ragam-789 views

KENDARI.SultraOne.com – Dinsos Kota Kendari akan menyalukan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kepada ribuan Keluarga Penerima Manfaat (KPM), di Kota Kendari.

Hal tesebut diungkapkan oleh Jasman, selaku Kordinator Program Keluarga Harapan Dinsos Kota Kendari, masing-masing keluarga penerima BPNT akan mendapatkan uang Rp 110.000 yang ditransfer ke masing-masing rekening.

Uang tersebut kemudian dapat dibelanjakan beras dan telur dengan komposisi yang disesuaikan dengan kebutuhan keluarga.

“Setiap penerima bisa membelanjakan kebutuhan bahan pokok berupa beras, telor, minyak goreng, dan terigu,” pungkasnya.

Bantuan BPNT ini nantinya akan diterima setiap bulan oleh penerima, dan hanya bisa digunakan di e-warung, yang sudah ditunjuk oleh pemerintah sebagai penyedia layanan transaksi BPNT,di Kota Kendari kini sudah ada 4605 penerima PHK dan bertambah di 2018 menjadi 7620 peserta.

Sementara itu untuk pembelanjaan dengan menggunakan kartu BPNT, hanya bisa dilakukan di e-warung sebagai tempat penyedia layanan yang disiapkan oleh pemerintah.

Di Kota Kendari sendiri sudah ada 13 e-warung yang disediakan oleh pemerintah, dan rencananya pada bulan Februari akan ada penambahan hingga 23 e-warung, sebagai penyedia layanan bantuan BPNT ini.

Penyaluran bansos non tunai dilakukan untuk meinimalisir penyimpangan dalam penyaluran bansos yang tidak tepat sasaran. Selain itu, penyaluran bansos non tunai ini dilakukan untuk mengurangi perilaku konsumtif masyarakat, membangun kebiasaan menabung, dan meningkatkan pemahaman penerima bantuan untuk merencanakan keuangan dengan baik.(Fdh/SultraOne)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *