oleh

Hadapi Banjir, Pemkot Kendari Akan Bangun Sumur Retensi

-Kendari, Ragam-1,003 views

KENDARI,SultraOne – Curah hujan yang semakin meningkat di Bulan Desember sangat berdampak terhadap kondisi melimpahnya air yang mengakibatkan banjir di berbagai lokasi di Kendari.
Olehnya itu untuk menangani hal tersebut Pemerintah Kota (Pemkot), Kendari melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), akan membangun sumur retensi atau daerah resapan.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Bidang (Kabid), Penataan Ruang Dinas PUPR Kota Kendari, Erlis Sadya Kencana, bahwa sumur retensi merupakan program pemerintah kota hingga di tahun 2020 mendatang, untuk meminimalisir terjadinya banjir pada musim hujan.

“Jadi sumur retensi ini adalah sebuah perwujudan program bebas banjir, yang dicanangkan oleh Pemkot Kendari pada tahun 2020 mendatang. Rencananya akan dibuat disekitaran Pasar Panjang dan Sungai Wanggu Baruga,” ungkap Erlis.

Selain mencegah terjadinya banjir,daerah resapan ini juga akan sangat memiliki banyak manfaat, diantaranya mencegah penurunan tanah , mengurangi erosi dan sedimentasi, serta memperbaiki siklus air pada tanah.

Erlis mengungkapkan, pembangunan sumur tersebut direncanakan pada tahun depan dan selesai sebelum tahun 2020 mendatang.

Sehingga dirinya berharap agar program ini dapat terlaksana tepat waktu, sehingga persoalan banjir yang kerap melanda Kendari, bisa segera teratasi.(Fdh/SultraOne)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *