oleh

Hujan Lebat Di Wilayah Konut Mengakibatkan Banjir Dan Tanah Longsor Di Dua Kecamatan

-Konut, Sultra-1,420 views

SultraOne.com,Konut-Hujan yang mengguyur sejak kamis kemarin,di wilayah Konawe Utara menyebabkan 30 rumah di Desa Pudonggala terendam banjir. Intensitas hujan yang cukup tinggi juga membuat beberapa   sungai besar yang berada di wilayah Konawe Utara ikut meluap.

Hasil pemantauan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kab. Konawe Utara beserta Dinas Sosial Kab. Konawe Utara di beberapa titik daerah rawan bencana banjir sampai berita ini diturunkan ,di Kecamatan Lembo  yang dampaknya terlihat sangat parah. Luapan sungai menggenangi rumah-rumah  warga serta merendam kompleks pasar Lembo dengan ketinggian 50 centimeter. Selain banjir yang merendam sebagian besar Kecamatan Lembo, bencana tanah longsor juga terjadi di Desa Kokapi Kecamatan Motui. Dimana 1 unit rumah   rusak berat diterjang tanah longsor. Namun tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Menurut Kepala Bidang Bantuan dan Jaminan Sosial,Asmin Sarif,S.Pd, M.Si, ia menjelaskan bahwa hasil pantauan yang dilakukan Dinas Sosial bersama Anggota Tanggap Bencana (TAGANA) Kabupaten Konawe Utara sejak tadi siang sampai malam ini di sepanjang Sungai Lasolo guna mengamati peningkatan debit air di sungai tersebut masih dalam kondisi normal.kata Asmin Sarif Kepada awak media ini,Jumat (12/05)

“Namun ia tidak menjamin kondisi tersebut jika hujan masih tetap menguyur hingga tengah malam.  Ia juga mnyusuri desa-desa yang berada disepanjang aliran sungai itu yang meliputi 3 Kecamatan yaitu Kec.Asera, Kec. Oheo dan Kec.Andowia untuk memastikan kondisi terbaru pasca hujan deras yang melanda di wilayah it”.ujarnya

Setelah memastikan untuk wilayah 3 kecamatan diatas masih dalam keadaan konsudif, Kabid Banjamsos, Asmin Sarif,  segera menurunkan personilnya guna melakukan pendistribusian bantuan barang korban bencana alam banjir di Kecamatan Lembo dan tanah longsor di Kec. Motui.

“setelah kami melakukan penyisiran ternyata di kecamatan Lembo yang kondisinya paling parah, sehingga kami langsung bertindak untuk menyalurkan logistic kepada korban banjir di sana” ungkapnya.(Athin/SultraOne)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI