oleh

Rahmat Nur :Tanaman Padi, Jagung, Kedelai Adalah Komuditi Unggulan Kab.Konawe

-Sultra, Unaaha-1,217 views

SultraOne.com.Unaaha-Dinas Pertanian Kab.Konawe telah melaksanakan Program Upsus yaitu Meningkatkan Produk Unggulan seperti Tanaman Padi, Jagung dan Kedelai dalam hal ini di tangani  Bidang Tanaman Pangan  dan Holtikultura (TPH).

Kepala bidang TPH Rahmat Nur.Sp mengatakan Program Upsus padi, Jagung, Kedelai, adalah komuditi unggulan di Kab.Konawe karna program ini telah di galakkan oleh pemerintah Kab.Konawe agar supaya kita bisa Swsembada tiga komuditi Ini kedepannya,bukan berarti Komuditi-komuditi yang lainnya tidak kami perhatikan,kata Rahmat saat ditemui diruang kerjanya,Rabu (05/04).

“Diluar Program Upsus ada juga tanaman pangan seperti Ubi Kayu,ubi jalar,kacang ijo,kacang tanah,kemudian talas ini juga pantauan kami”,ujarnya

Lanjutnya,untuk produksi yang dihasilkan para petani seperti padi sudah cukup bagus setiap panennya mereka dapatkan rata-rata 5-9 ton perhektar satu kali panen,tapi ini tidak merata ada juga beberapa kecamatan hanya mendapatkan produksi padi sekitar 3 ton perhektar satu kali panen,biasanya para petani akan panen sekitar 3-4 bulan,sama juga dengan tanaman jagung dan kedelai,ungkapnya.

Dalam hal ini ada beberapa kecamatan yang sangat tinggi produksinya rata-rata 5-9 ton perhektar sekali penen untuk tanaman padi yaitu Kec.Tongauna,Tongauna Utara,Abuki,Padangguni,Wonggeduku,Wonggeduku Barat,Unaaha dan Wawotobi,ujanya.

“Untuk perhitungan atau data secara resmi kami sudah dibagi,untuk kementrian Pertanian hanya mendata  luas tanam dan luas panen,sedangkan produksi dan produktivitas diserahkan di BPS”Tutupnya.(Bardin/SultraOne)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *