oleh

Wagub Sultra Membukan Kegiatan Pelepasan Bibit Unggul Rumput Laut di Buton Utara

-Buton Utara-1,906 views

SultraOne.Com, Butur, Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Lukman Abunawas membuka kegiatan Pelepasan Bibit Unggul dan Distribusi Rumput Laut hasil Kultur jaringan bersama Tim peniliti UHO di Kampung Bajo, Kecamatan Kulisusu Kabupaten Buton Utara. Minggu, 26 Juli 2020.

La Ode Muhammad Aslan ketua Tim peneliti Universitas Haluoleo dalam sambutannya menyebutkan, bahwa rumput laut adalah salah satu kegiatan yang memberi pemasukan terbesar di Sultra.

“Sebanyak 90% menjadi pemasukan daerah, jadi patut untuk di kembangkan,” ujarnya

Lanjut, bahwa alasan penelitian ini dilakukan di Buton Utara sebab wilayah Butur memiliki potensi yang sangat menunjang untuk pengembangan pengembangan Rumput Laut.

“Sebelumnya kami melakukan penilitian di Konawe Selatan, namun di sana kurang bagus, sebab lautnya sudah tercemar, sehingga kami memilih Butur untuk melanjutkan program pengembangan rumput laut, dan terbukti sangat baik hasilnya”

“Hal ini dapat terselenggara sebab dukungan semua pihak, baik provinsi mau pun daerah, dan masyarakat,” jelas La Ode Muhammad Aslan

Wakil Rektor III UHO Dr. Nur Arafah menjelaskan bahwa pembangunan berdasarkan pembaharuan itu adalah gagasan yang baik, dan hanya ada di Butur.

“Memajukan daerah, harus menggunakan program pembaharuan, contoh salah satunya program Bupati Butur, padi Organik dan insya Allah kedepan akan bertambah dengan program bibit unggul rumput laut hasil kultur jaringan,” jelasnya.

Sementara Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara Lukman Abunawas mengatakan, bahwa sinergisitas Pemda dan UHO harus dimantabkan.

“Pembangunan tidak akan berhasil, kalau kita tidak saling bekerja sama, baik Pemerintah daerah Provinsi Kabupaten/Kota, Akademisi (UHO) dan juga masyarakat, jadi harus solid bahu membahu membangun daerah dan bangsa,” beber Mantan Bupati Konawe dua priode tersebut.

Lanjutnya, bahwa program pengembangan rumput laut dan padi organik yang ada di Kabupaten Buton Utara tersebut adalah program yang baik dan sinergis dengan program pemerintah Provinsi.

“Saya bersama pak Gubernur Ali Mazi punya program yang namanya Sultra Produktif, Sultra cerdas, Sultra Sehat, Sultra peduli kemiskinan, Sultra beriman, dan yang dilakukan di Butur adalah bagian dari Sultra Produktif, itu harus di dukung dan disuport,” jelas Lukman Abunawas

Lukman Abunawas juga bercerita, bahwa dirinya saat masih menjadi Bupati Konawe pernah mencanangkan program rumput laut, namun hasilnya tak sebaik yang ada di Butur.

“2008 saya pernah kembangkan di Konawe Kepulauan (Konkep) tapi tak sebesar ini, jadi harus kita terus kemabangkan, kalau perlu kita jual dan buatkan label Rumput Laut Ereke atau Rumput Laut Kulisusu, agar produk kita terkenal produksinya,” tandasnya.

Di penghujung kegiatan tersebut, Bupati Buton Utara Abu Hasan melepas satu armada dum truck yang berisi rumput laut untuk mendistribusikan hasil pengembangan Bibit Unggul dan Distribusi Rumput Laut hasil Kultur jaringan.

Kegiatan ini dihadiri Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas (Kadis) Perikanan Provinsi Sultra, La Ode Karidin, Kadis Perikanan Butur LM Karya Jaya Hasan, Plt. Sekda Buton Utara Burhanuddin, Wakil Rektor III UHO DR. Nur Arafah, Pimpinan OPD Butur, Camat dan Kepala Desa setempat.
Laporan : Redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *