oleh

Pemda Konawe Besama Pemerintah Provinsi Sultra Melakukan Penandatanganan Mengoptimalkan PAD di Sektor Pajak

-Lipsus-47 views

SultraOne.com.Kendari – Pemerintah Kab.Konawe melakukan penandatanganan kesepakatan bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra dalam upaya mengoptimalkan pendapatan asli daerah (PAD) melalui sektor pajak,yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe Ferdinand Sapan bersama Bupati/Wali Kota se Sulawesi Tenggara (Sultra)
yang digelar Ruang Pola Kantor Gubernur Sultra, Selasa (15/10/2024).

Kesepakatan ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan sinergi antara pemerintah daerah dalam menggali potensi pendapatan yang ada di sektor pajak, guna memperkuat perekonomian daerah dan mendukung pembangunan yang berkelanjutan.

Dalam kegiatan ini dihadiri,Bupati/Walikota, Sekda Kabupaten/Kota se-Sultra, Kepala Bapenda Kabupaten/Kota, serta para Kepala Perangkat Daerah Lingkup Provinsi Sultra.

Pj Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budi Revianto dalam sambutannya mengajak pemerintah daerah (Pemda) untuk meninggalkan pola lama dalam mengelola Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Menurutnya,ketergantungan yang berlebihan pada sektor-sektor tertentu dan aliran dana dari pusat harus segera diubah.
dalam kesempatan tersebut, ia menegaskan bahwa pengoptimalan PAD menjadi kunci utama untuk mewujudkan kemandirian fiskal daerah, dan mengurangi ketergantungan pada dana transfer dari pemerintah pusat”,kata Pj Gubernur Sultra nur Andap

Lanjut Andap,sudah saatnya kita merubah mindset dalam mengelola PAD. Jangan terjebak dengan cara-cara lama yang hanya mengandalkan sektor-sektor tertentu atau bergantung pada transfer dari pusat

Selain itu, ketergantungan pada dana transfer pusat juga menjadi hambatan bagi daerah dalam mencapai kemandirian fiskal yang sesungguhnya. optimalisasi PAD tidak hanya sekedar menggali potensi yang ada, tetapi juga harus melalui transformasi cara pandang dan pendekatan yang lebih modern dan berbasis data,pungkasnya

Ditempat yang sama,Sekda Kabupaten Konawe, Ferdinand Sapan menyambut baik inisiatif optimalisasi PAD ini. Menurutnya, kolaborasi dan pemanfaatan data menjadi langkah penting untuk meningkatkan pendapatan daerah.

“Kesepakatan ini membuka jalan bagi kami di Konawe untuk memaksimalkan pengelolaan pajak daerah, khususnya dalam hal pajak kendaraan bermotor dan alat berat. Kami yakin ini akan berdampak besar pada pembangunan daerah,”kata Ferdinand.

Dalam kesempatan ituKepala Bapenda Konawe, Cici Ita Ristianty,mengatakan menekankan pentingnya integrasi data dalam mendukung peningkatan pendapatan daerah.

“Dengan integrasi data dan dukungan teknologi, kami optimis bisa mengoptimalkan penerimaan dari sektor pajak yang menjadi kewenangan daerah. Langkah ini akan memperkuat kemandirian fiskal Konawe,”tutupnya.(Red/SO)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *