oleh

I Made Asmaya Resmi Jabat Ketua DPRD Sementara

SULTRAONE.COM, – Pemilihan Legislatif (Pileg) 14 Februari 2024 menciptakan sejarah baru bagi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) di Kabupaten Konawe. Enam kader terbaik partai yang didirikan oleh Presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri, berhasil menduduki kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konawe untuk periode lima tahun ke depan.

Pileg 2024 juga membawa I Made Asmaya, S.Pd., MM, menjadi Ketua Sementara DPRD Konawe. Melalui Rapat Paripurna Istimewa, I Made Asmaya resmi menggantikan Dr. H. Ardin, S.Sos., M.Si., dari Partai Amanat Nasional (PAN), sebagai Ketua DPRD Konawe periode 2019–2024. Serah terima jabatan ditandai dengan penyerahan palu sidang oleh Dr. Ardin kepada I Made Asmaya.

Ketgam: I Made Asmaya, S.Pd., MM, bersama istri usai dilantik Ketua Sementara DPRD Konawe.Foto:Red

Hasil Pileg ini juga memperkokoh langkah Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Konawe, Rusdianto, SE, MM, untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Konawe. Dengan meraih 3.754 suara, Rusdianto menjadi calon legislatif (caleg) terpilih dengan suara terbanyak dan secara otomatis berhak menjadi Ketua DPRD Konawe. Namun, demi mengabdikan diri lebih luas untuk kesejahteraan masyarakat Konawe, ia memutuskan mundur dari jabatan Ketua DPRD untuk fokus pada Pilkada.

Mandat Ketua DPRD Konawe kemudian diberikan kepada I Made Asmaya, yang memperoleh suara terbanyak kedua, yaitu 2.882 suara, untuk menjabat sebagai Ketua DPRD Konawe definitif periode 2024-2029.

Dalam sambutannya, I Made Asmaya menyampaikan terima kasih kepada Ketua Umum PDI Perjuangan, Prof. Dr. Hj. Megawati Soekarnoputri, dan para pimpinan partai lainnya atas kepercayaan yang diberikan kepadanya. Ia juga menyampaikan harapan agar niat tulus Rusdianto dalam mengabdi kepada masyarakat melalui Pilkada dapat tercapai.

Ketgam: I Made Asmaya, S.Pd., MM, usai dilantik Ketua Sementara DPRD Konawe.Foto:Red

Di bawah kepemimpinannya, I Made Asmaya berkomitmen untuk segera membentuk alat kelengkapan dewan dan menetapkan tata tertib DPRD Konawe. Ini termasuk penetapan Ketua, Wakil Ketua I, Wakil Ketua II, dan seluruh alat kelengkapan dewan definitif.

Selama dipimpin Rusdianto, PDI Perjuangan berhasil menjadi unsur pimpinan DPRD Konawe selama tiga periode berturut-turut, mulai dari Wakil Ketua I periode 2014-2019, Wakil Ketua II periode 2019-2024, hingga Ketua DPRD periode 2024-2029. Ini merupakan pertama kalinya PDI Perjuangan berhasil menempatkan kadernya sebagai Ketua DPRD Konawe, menggantikan dominasi Partai Golkar dan PAN pada periode-periode sebelumnya.(Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *