oleh

Rilis Survei JSI Kepemimpinan Kery Saiful Konggoasa Dianggap Lebih Baik dari Harmin Ramba

-Konawe-165 views

SultraOne.com.Konawe –
Kepemimpinan Bupati Konawe dua periode Kery Saiful Konggoasa (KSK) tak lekang oleh waktu. Pesonanya bahkan tak menghilang telah setahun pensiun.

Rilis survei Jaringan Suara Indonesia (JSI) beberapa waktu lalu menunjukan, tingkat kepuasan masyarakat Konawe atas kepemimpinan KSK sangatlah tinggi.

Dalam survei evaluasi kinerja bupati dengan pertanyaan, apakah bapak/ibu sangat puas, cukup puas, kurang puas atau tidak puas sama sekali dengan kinerja KSK sebagai Bupati Konawe sejak 2013?

Jawabannya, 77,5 persen responden cukup puas/sangat puas dengan kinerja KSK. Lalu, 20 persen kurang puas/tidak puas sama sekali, serta 2,5 persen tidak menjawab/tidak tahu.

Kemudian, pada survei evaluasi kinerja pemerintahan dengan pertanyaan, menurut bapak/ibu pemerintahan Kabupaten Konawe di bawah kepemimpinan KSK apakah sangat baik, cukup baik, kurang baik atau tidak baik sama sekali dalam membangun dan memajukan Konawe?

Sebanyak 78,9 responden menjawan cukup baik/sangat baik. Lalu, 17 persen menjawab kurang baik/tidak baik sama sekali dan 4,1 persen tidak menjawab/ tidak tahu.

JSI kemudian melempar pertanyaan terkait isu kepemimpinan Bupati Konawe dengan dua nama yang jadi sampel, yakni KSK (Bupati Konawe periode 2013-2023) dan Harmin Ramba atau HR (Penjabat Bupati 2023-2024 atau 10 bulan menjabat).

Model pertanyaannya, yakni menurut bapak/ibu mana yang lebih baik kemimpin Kabupaten Konawe, apakah kepemimpinan KSK atau HR?

Hasilnya, KSK tampak menang telak. Sebanyak 55,2 persen responden memilih KSK dan hanya 27 persen memilih HR. Sisanya 17,7 persen tidak mejawab atau tidak tahu.

Direktur JSI, Popon Lingga Geni mengungkapkan, keberhasilan KSK dalam memimpin Konawe memberikan pengaruh besar atas pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Konawe yang akan bertarung di Pilkada serentak 2024.

Terbukti, pada survei isu kepemimpinan, Paslon Rusdianto dan Fachry Pahlevi Konggoasa (RD-FPK) yang di-endorsment langsung KSK justru dianggap paling baik untuk melanjutkan pembangunan di Konawe, ketimbang Harmin Ramba yang sebelumnya sudah menjabat Penjabat Bupati Konawe.

“Di sini endorsment (dukungan) KSK sangat berpengaruh terhadap siapa yang dia dukung di Pilkada Konawe,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, survei JSI dilakukan 18 sampai 23 September 2024 dengan metode wawancara tatap muka menggunakan kuesioner dengan melibatkan 440 responden di 28 kecamatan di Kabupaten Konawe. Tingkat kepercayaan 95 persen dengan margin of error 4,8 persen.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *