oleh

Kesbangpol Konawe gelar Kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Bagi Generasi Milenial (Gen Z)

-Konawe-18 views

SultraOne.com.Konawe – Badan kesatuan bangsa dan politik (Kesbangpol) Kabupaten Konawe menggelar pelatihan kepemimpinan bagi generasi milenial (Gen Z),Pelatihan ini mengangkat tema kepemimpinan dan kemampuan diri dalam untuk membangun karakter pribadi dalam membentuk karir dan kesuksesan. Peserta kegiatan ini merupakan pelajar dan generasi muda kabupaten Konawe.

Dalam kegiatan ini, kesbangpol Konawe menghadirkan 2 pemateri yakni anggota DPRD Provinsi Sultra, Dr. H. Ardin, S.Sos., M.Si dan Asisten 2 Setda Konawe, Muh Akbar, SP. M.Si.

Kepala kesbangpol Konawe, Tery Indria dalam sambutannya menyampaikan generasi muda saat ini membutuhkan dukungan untuk mewujudkan cita-cita dan impiannya.

“Kesbangpol Konawe sebagai leading sektor pembinaan karakter kepemudaan hadirkan tokoh inspiratif agar impian dan cita-cita generasi muda dapat terwujud,” ujarnya.

Sementara itu, Dr. H. Ardin dalam materinya menyampaikan kunci kesuksesan ada 3 hal, memahami cara berorganisasi, menjadikan diri sebagai bagian dari sistem dan terakhir menentukan tujuan hidup.

Eks ketua DPR Kabupaten Konawe ini menyampaikan menyampaikan orang yang berorganisasi cenderung lebih siap dibandingkan mereka yang tidak berorganisasi. Organisasi akan membentuk karakter seseorang menjadi pribadi yang punya tujuan dan siap tampil di masyarakat.

“Pahami organisasi, jadikan diri anda sebagai sebuah sistem serta tentukan tujuan anda. Kesuksesan hany bisa diraih oleh mereka yang punya tujuan hidup,” ujar Ardin.

Ardin yang juga dosen pasca sarjana Universitas Muhammadiah Kendari (UMK) ini bilang selain ke 3 langkah yang ia uraikan, ada hal yang menyempurnakannya yakni kemampuan mengendalikan emosi.

“Lawan yang paling berbahaya emosi, seorang pemimpin akan hancur ketika tidak mampu mengendalikan emosinya. Saya saat ini sudah 25 menjabat sebagai anggota DPR kabupaten, alhamdulillah kemarin saya kembali terpilih untuk anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara yang melayani 17 kabupaten dan kota. Saya mungkin bisa saja maju di pilkada namun setelah saya melakukan analisa dan penelusuran saya akan hancur. Inilah salah satu pengelolaan emosi yang diperlukan, jika saya ikut emosi saya yang ada hanya kehancuran,” urai Ardin disambut tepuk meriah peserta pelatihan.

Mantan Ketua DPRD Konawe ini mengingatkan agar generasi muda percaya terhadap setiap kejadian memiliki pesan moral dan hikmahnya sendiri.

“Yakin dan percaya rencana tuhan itu lebih baik dari rencana kita,” tukas Ardin.

Di tempat yang sama Asisten 2 Setda Konawe Akbar Latiwai menyampaikan konsep kepemimpinan adalah kemampuan dalam diri untuk membangun karakter menuju pencapaian akhir dan kesuksesan.

“Mereka yang memiliki karakter yang kuat akan mampu melahirkan jiwa kepemimpinan menuju pencapaian akhir atau kesuksesan,” tambahnya (Red/SO)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *