oleh

Anggota DPRD Konawe Ginal Sambari Dukung Pelestarian dan Pengembangan Budaya Daerah Konawe

-Sultra-44 views

SultraOne.com.Konawe – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Kabupaten Konawe terus memberi dukungan dalam pelestarian dan pengembangan budaya daerah.
Pasalnya, pengembangan pelestarian kebudayaan daerah yang ada di masyarakat dinilai sangat penting dalam rangka pembangunan karakter bangsa.

Anggota DPRD Konawe fraksi Partai Golongan Karya (Golkar), Abdul Ginal Sambari menuturkan, pentingnya peran kebudayaan sebagai bagian integral dari identitas bangsa Indonesia yang kaya akan kebudayaan.

DPRD Konawe dalam hal ini memberikan perhatian serius terhadap pelestarian dan pengembangan kebudayaan di Konawe sangat penting.

Ketua Komisi II itu juga menyebut, lahirnya Peraturan Daerah (Perda) Nomor 14 Tahun 2016 tentang cagar budaya dan Perda Nomor 26 Tahun 2015 tentang pelestarian dan pengembangan kebudayaan daerah adalah bentuk keseriusan pemerintah dan DPRD dalam menjaga nilai-nilai budaya di Konawe.

“Kami terus mengawasi penerapan peraturan daerah nomor tentang cagar budaya dan pelestarian serta pengembangan kebudayaan daerah,” kata pria yang akrab disapa om kumis belum lama ini.

Ginal menambahkan, pemerintah daerah telah berupaya menerapkan kedua perda tersebut.

Contohnya, kata dia, di kantor-kantor dinas dan sekolah diberlakukan satu memakai pakaian motif adat khas daerah tolaki yang telah budaya asli dan mayoritas yang ada di Konawe.

Tak hanya itu, pelatihan dan kaderisasi pelaku adat suku tolaki juga dilakukan seperti mombesara.

Ginal mengungkapkan, pihaknya juga saat ini tengah mengawasi penerapan program sehari berbahasa tolaki dalam seminggu yang diterapkan di sekolah dan lingkup kantor pemerintah.

Pria yang juga menjabat tim ahli cagar budaya atau TACB Konawe ini juga sebelumnya telah menetapkan delapan cagar budaya melalui sidang penetapan beberapa waktu lalu.(Red/SO)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *