oleh

Pemda Konawe Musrembang Tahun 2024,Dalam Rangka Penyusunan RPJPD 2025-2045

-Sultra-31 views

SultraOne.com.Konawe – Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Konawe gelar musyawarah perencanaan pembangunan daerah

rencana pembangunan jangka panjang daerah 2025-2045, rencana kerja pemerintah daerah 2025 dan rembuk stunting tingkat kabupaten konawe 2024 di Hotel Nugraha, Selasa (26/3/2024).

Dalam sambutannya, Pj Bupati Konawe, Dr Harmin Ramba mengatakan, Kabupaten Konawe dalam proses penyusunan RPJPD 2025-2045, saat ini telah memasuki tahapan penyusunan rancangan awal yang telah diserahkan kepada Provinsi Sulawesi Tenggara, untuk dilakukan evaluasi dan sinkronisasi terhadap kebijakan-kebijakan nasional yang ada di wilayah Sulawesi Tenggara.

Ia menyebutkan, penyusunan rencana jangka panjang daerah Kabupaten Konawe ini merupakan amanah yang sangat penting bagi pihaknya.

“Kita dituntut dapat menatap jauh kedepan dalam mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang ada, menentukan target dan strategi serta melihat peluang-peluang yang ada guna pencapaian cita-cita kita bersama yaitu indonesia emas 2045,” kata Harmin.

Harmin menambahkan, Kabupaten Konawe dalam rancangan awal RPJPD telah mengajukan visi yaitu Konawe yang mandiri, maju dan berkelanjutan.

Pemkab Konawe juga, lanjut Harmin, mengajukan pengembangan dua opsi rancangan visi yakni terwujudnya Konawe berbudaya dan mandiri berbasis pada pertanian, pariwisata, serta industri yang berkelanjutan.

Atau opsi kedua mewujudkan Konawe sebagai kawasan pertanian, pariwisata, dan industri yang berbudaya, maju dan mandiri.

“Visi ini membawa ruh dan semangat kita dalam menjadikan Konawe ini menjadi kota padi yang maju, mandiri serta terbingkai dalam simpul budaya kalosara,” lanjutnya.

Selain kemampuan untuk melihat jauh kedepan, Ia juga mengajak harus memiliki keberanian dan dapat melihat peluang-peluang ditingkat pusat.

Pasalnya, jika hanya mengandalkan dana yang bersumber pada APBD, niscaya proses pembangunan di daerah tidak akan mengalami percepatan.

“Keberanian untuk dapat mengetuk pintu kementerian guna mendapatkan perhatian dan mempromosikan daerah kita sangat dibutuhkan. Tidak masalah saya menjadi peminta-minta di kementerian asalkan demi kesejahteraan masyarakat dan kemajuan Kabupaten Konawe akan saya lakukan,” ujarnya.

Pj Bupati Konawe ini mengungkapkan, kurang lebih 6 bulan kepemimpinannya, Kabupaten Konawe telah mendapatkan banyak bantuan dari kementerian terkait.

Di antaranya ialah kementerian pertanian yang telah memberikan bantuan benih, pupuk dan alsintan kepada petani di Kabupaten Konawe.

Selain itu, Kementerian Kelautan dan Perikanan juga akan memberikan bantuan pengembangan kampung nelayan modern serta pengembangan budidaya ikan bagi masyarakat Konawe.

“Insya Allah kedepan, kita akan terus berupaya mengawal dan mempromosikan potensi-potensi daerah kita baik di tingkat nasional hingga ke tingkat internasional,” pungkas Harmin. (Red/SO)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI