oleh

Sosok Wakil Ketua II DPRD Konawe, Terpilih Anggota Dewan 3 Periode

-Konawe, Lipsus-407 views

Sultra0ne.com.Konawe – Sosok wakil ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Kabupaten Konawe, Rusdianto yang duduk sebagai anggota dewan selama tiga periode.

Rusdianto merupakan sosok yang menonjol dikalangan anggota DPRD Konawe. Selain namanya populer, Rusdianto juga memiliki kedekatan dengan masyarakat.

Wajah Rusdianto tak asing bagi masyarakat Konawe, Rusdianto bahkan digadang-gadang mantap maju sebagai calon Bupati Konawe.

Politisi yang lama bernaung di partai besutan Megawati Soekarnoputri itu bukan figur asing dan sudah lama terjun di dunia politik.

 

Sebagian besar warga Konawe pasti sudah akrab dengan pria yang lahir 28 April 1978 silam ini, pasalnya sering terlihat menghimpun aspirasi masyarakat sebagai wakil rakyat.

Perjalanan karir politik Rusdianto, sudah dimulai sejak 20 tahun lalu. Ia mengawali karir politiknya dengan jabatannya sebagai pengurus ranting PDIP, hingga sekarang menjadi Ketua DPC PDIP Kabupaten Konawe.

 

Kemampuan memimpin dan politik sudah mendarah daging dalam dirinya, diwarisi oleh orangtua yang juga politisi PDIP dan pernah menjabat anggota DPRD Konawe.

Meski anak politisi, Rusdianto mengaku bersih dari unsur koneksi orang tua. Hal tersebut dibuktikan dengan terpilih sebagai anggota DPRD Konawe, bukan di basis dapil yang dipimpin orangtuanya dulu.

Uniknya, Rusdianto merupakan satu-satunya anggota dewan di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang terpilih tiga periode di tiga dapil berbeda dan selalu memperoleh suara terbanyak di dapil tersebut.

Periode pertama (2009-2014) Rusdianto menjadi wakil bagi dapil 3 yang berada di wilayah Kecamatan Sampara, Soropia, Bondoala, Kapioala, Lalonggasumeeto, Morosi dan Anggalomoare.

Periode kedua (2014-2019) Ia menjadi wakil rakyat sari dapil 2 yang meliputi Kecamatan Pondidaha, Wonggeduku, Besulutu, Meluhu, Amonggedo dan Wonggeduku Barat.

Periode ini (2019-2024), Rusdianto menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Konawe juga mewakili dapil 1 yang meliputi Kecamatan Unaaha, Wawotobi, Anggaberi dan Konawe.

Dalam Pemilu itu, pria yang akrab disapa RD ini memperoleh suara sebanyak 2.282 suara.

Lahir di Konawe serta menjabat puluhan tahun sebagai wakil rakyat, Rusdianto tahu betul kondisi wilayahnya tersebut. Hal itu juga yang Ia jadikan modal untuk maju sebagai calon Bupati Konawe.

Maju Konawe 01, Rusdianto berencana untuk mendorong dan memanfaatkan sumber daya alam di wilayahnya secara maksimal, sehingga dapat bernilai ekonomi bagi masyarakat setempat.

Rusdianto menyadari besarnya potensi alam yang dimiliki Kabupaten Konawe, terutama pada dua sektor, yaitu pertanian dan sumber daya mineral.

Menurut dia, kedua sektor itu juga yang menjadi rebutan investor asing untuk datang menanamkan modalnya.

Rusdianto menganggap kedatangan investor asing bukanlah ancaman, justru kabar baik bagi suatu daerah, asal memberi kontribusi sepadan terhadap perekonomian daerah seperti memperkejakan masyarakat lokal dalam operasionalnya.

Rusdianto merupakan sosok yang tepat yang paham seluk beluk adat, budaya dan tradisi masyarakat lokal di Kabupaten Konawe.

Selama menjabat menjadi anggota dewan, Rusdianto cukup memperhatikan dan mempertahankan aspek kearifan lokal di tengah banyaknya investor asing yang masuk ke Konawe.

Selain itu, Rusdianto juga memegang jabatan diluar karir politiknya. Diantaranya sebagai Ketua Asosiasi Kabupaten atau Askab Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Konawe periode 2022-2026 dan Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Konawe saat ini.

Kemudian Rusdianto pernah menjabat sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Konawe periode 2016-2021 lalu serta Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Konawe periode 2021-2025.

Laporan Redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *