oleh

Pj Bupati Konawe Bersama OPD Turun Langsung Salurkan Bantuan Korban Angin Puting Beliung

SultraOne.com.KonawePenjabat (Pj) Bupati Konawe,Harmin Ramba, bergerak cepat mengunjungi korban yang terdampak bencana alam angin puting beliung di Kecamatan, Wonggeduku, Wonggeduku Barat, Konawe, Uepai, dan Kecamatan Unaaha, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), pada Selasa (23/1/2024).

Dalam kunjungannya, Pj Bupati Harmin Ramba didampingi Sekda Ferdinan Sapaan, Pabung Kodim 1417 Kendari Letkol Inf. Azwar Dinata, dan sejumlah kepala OPD Lingkup Pemda Konawe, turun langsung melihat kondisi fisik bangunan yang rusak akibat diterjang angin kencang, sekaligus memberikan bantuan.

Guna meringankan beban para korban bencana, Pj Bupati Konawe menyalurkan 500 paket sembilan bahan Pokok (Sembako) yang terdiri dari beras, telur, susu, minyak goreng, air mineral hingga selimut , Selain bantuan Sembako, bantuan material juga diberikan kepada warga yang rumahnya mengalami rusak berat.

Disela-sela kunjungannya, Harmin Ramba mengungkapkan, pemberian ini sebagai wujud kepedulian Pemerintah kepada warganya. Karena itu melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR) pihaknya akan melakukan perbaikan rumah hingga layak untuk ditempati kembali.

“Untuk rumah yang roboh kami langsung bantu pembangunannya, termasuk satu bangunan Pura yang ikut terdampak” kata Harmin.

Pj Bupati berharap, kepada seluruh masyarakat kabupaten Konawe tetap waspada, mengingat kondisi cuaca saat ini sangat buruk. Dirinya juga turut prihatin terhadap musibah yang menimpa warga di lima kecamatan itu.

“Bagi warga saya harapkan untuk selalu siap siaga jika terjadi hujan dan angin kencang, kalau keadaan tidak memungkinkan jangan tidur dulu, sebelum keadaan membaik,” ucap Harmin Ramba.

Selain itu, lanjut Harmin Ramba mengatakan, menghadapi bencana di musim penghujan Pemerintah Daerah saat ini sudah membentuk satgas bencana alam, yang mana posko ditempatkan di kantor BPBD Konawe, dengan melibatkan personil Polres Konawe, Kodim dan dinas terkait.

“Kami harapkan Pemerintah Kecamatan, Lurah dan Desa sebagai pos pemberi informasi, yang cepat dan kami sebagai Pemerintah Daerah siap tanggap 1 kali 24 jam,” jelas Harmin Ramba.

Sebelumnya sebanyak 21 rumah warga dlaporkan mengalami kerusakan baik berat, sedang maupun ringan, Meskipun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun kerugian diperkirakan hingga seratusan juta rupiah.

Sekedar informasi, dari 21 rumah yang terdampak bencana, rinciannya, 13 rumah berada di Desa Bendewuta, Kecamatan Wonggeduku. 3 rumah di Kecamatan Wonggeduku Barat 2 rusak parah, 1 rusak ringan. Kemudian Desa Uelawu, Kecamatan Konawe 1 rusak. Kelurahan Tumpas, Kecamatan Unaaha, 1 rusak ringan dan mendapatkan bantuan pribadi dari Pj bupati sebesar 3.500. Sementara Desa Tanggodipo, Kecamatan Uepai ada 7 rumah diantaranya 4 rusak berat 1 rusak sedang 2 rusak ringan termasuk rumah ibadah (Pura).( Red / SO)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *