oleh

Pesan Ketua DPRD Konawe Bagi PAW Anggota DPRD Asbudi

-Konawe, Lipsus-119 views

SultraOne.com.Konawe – Usai melantik dan mengambil sumpah dan janji Asbudi sebagai Pengganti Antar Waktu (PAW) anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara sisa masa jabatan 2019 – 2024, Ketua DPRD Konawe Dr. H Ardin, S.Sos, pun lalu menutup pesan kepada legislator dari Fraksi Partai Bulan Bintang itu.

“Setelah dilantik, saudara Asbudi sudah resmi menjalankan tugas – tugas wakil rakyat hingga 2 September 2024 mendatang. Olehnya itu, saudara diharapkan dapat mengembang amanah rakyat ini,” kata H. Ardin dalam sambutannya pada rapat paripurna istimewa DPRD Konawe, Senin 15 Januari 2024 kemarin.

Selanjutnya, Ketua DPRD Konawe Dr Ardin menitipkan pesan kepada legislator yang akan mengemban amanah rakyat di Kabupaten Konawe, utamanya aleg dari kalangan pemuda yang akan kembali melakukan pertarungan politik pada 14 Februari 2024 agar tetap memperjuangkan aspirasi rakyat dan kemajuan daerah.

“Apalagi kami lihat banyak anak-anak muda yang sedang bertarung di Pilcaleg ini, jadi kami harapkan bisa memberikan warna dan pikiran positifnya untuk kepentingan masyarakat Konawe,” harap Ardin.

Pria yang sudah duduk di kursi dewan konawe selama lima periode ini mengingatkan kepada legislator muda agar tetap menghargai para senior-seniornya dan bisa berkolaborasi demi terciptanya suasana kerja yang harmonis.

“Yang muda-muda ini lebih energik, sangat pas jika bisa berkolaborasi dengan yang lebih berpengalaman,” ungkapnya.

Melalui kesempatan ini pula, Ardin mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjaga kondisi daerah tetap stabil dan kondusif. Keamanan dan ketertiban masyarakat itu hal penting, apalagi menjelang pesta demokrasi, Pemilihan Umum.

Terkait pilihan politik, politisi senior ini mengatakan bahwa itu semua kembali kepada masyarakat yang akan melihat figur mana yang akan dia pilih, dan hasilnya semua sudah digariskan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Mari kita maknai Pesta demokrasi lima tahunan ini dengan positif, soal pemenang semua sudah digariskan oleh Allah,”kata Ardin.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Konawe Rusdianto pun mengimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) dan tidak terpancing dengan berbagai narasi yang dibangun oleh sejumlah oknum pendukung paslon di media sosial.

Rusdianto menekankan pentingnya menjaga situasi yang kondusif agar proses demokrasi berjalan Jujur dan Adil (Jurdil). Sehingga kata dia, pemilu 2024 ini dapat menghasilkan wakil rakyat dan pemimpin nasional yang berintegritas.

“Mari kita ciptakan pemilu yang bermartabat, jujur dan adil sehingga melahirkan pemimpin yang berintegritas,” ucapnya.

Menurutnya, dalam pelaksanaan pemilu 2024 ini, tentu masyarakat memiliki pandangan politik yang berbeda. Oleh karenanya, RD berharap masyarakat tidak menjadikan perbedaan itu untuk saling menjatuhkan hingga memutus tali silaturahmi.

“Beda pandangan dalam dunia politik itu hal yang biasa. Dukungan politik boleh berbeda tetapi persaudaraan harus tetap terjaga. Jangan karena beda pilihan, hubungan silaturahmi juga diputus, tidak boleh seperti itu,” kata Rusdianto.

Rusdianto mengatakan, peran aktif masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif sangat diharapkan. Dalam konteks ini, partisipasi masyarakat dianggap sangat vital untuk menjamin keberhasilan penyelenggaraan Pemilu.

“Kehadiran dan partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga Kamtibmas dapat menciptakan lingkungan yang kondusif. Pemilu damai, warga pun dapat menyalurkan hak pemilihnya dengan tenang dan nyaman,” pungkasnya.

Lebih lanjut ia menyebut, bahwa menjaga kamtibmas bukan hanya tanggung jawab aparat keamanan, tetapi merupakan tanggung jawab seluruh elemen masyarakat.

“Oleh karenanya, kami (DPRD Konawe) mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk turut serta dan aktif dalam menciptakan situasi yang aman dan damai menjelang Pemilu,” katanya.

Rusdianto terus mengajak masyarakat berperan aktif dalam menyukseskan pemilu serentak 2024.

Upaya kolaboratif antara DPRD, Aparat Penegak Hukum dan Masyarakat diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap keberhasilan Pemilu dan memperkuat fondasi demokrasi di Konawe.(Adv)

Laporan:Redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *