oleh

Pj.Bupati Konawe HR Pimpin Langsung Upacara HUT PGRI Ke-78 Tahun

-Konawe-107 views

SultraOne.com.Konawe – Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe gelar pelaksanaan upacara dalam rangka Peringatan hari guru nasional dan HUT PGRI Ke -78 Tahun yang digelar di halaman kantor Bupati Konawe.Sabtu (25/11/2023)

Hadir dalam kegiatan ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe Dr. Ferdinand Sapan, SP, MH, Forkopimda, para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemda Konawe, dan para guru se Kabupaten Konawe.

Penjabat Bupati Konawe, Dr. H. Harmin Ramba, SE, MM pada moment tersebut membacakan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim.

Menurut Menteri Nadiem, para guru diidentifikasi sebagai nakhoda yang tetap teguh memandu kapal Merdeka Belajar tanpa menyimpang dari arah yang telah ditetapkan.

Menteri menyampaikan keyakinan bahwa semua pendidik di seluruh Indonesia akan terus bergerak mewujudkan Merdeka Belajar. Optimisme ini dipicu oleh pencapaian bersama selama empat tahun terakhir.

“Pada tahun pertama Merdeka Belajar, kita menghapus Ujian Nasional dan memberi kepercayaan kepada guru untuk menilai hasil belajar muridnya. Asesmen Nasional diterapkan untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan menyenangkan, menumbuhkan kemampuan literasi, numerasi, dan karakter murid,” ungkap Nadiem.

Menteri Pendidikan juga meluncurkan Kurikulum Merdeka di tahun berikutnya. Harmin Ramba menekankan bahwa kurikulum ini dinantikan oleh para guru karena mereduksi beban murid dengan mengurangi jumlah materi dan menekankan pemahaman mendalam. Lebih jauh, Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan kepada guru untuk mengembangkan pembelajaran sesuai kebutuhan murid.

“Terobosan besar lainnya adalah Pendidikan Guru Penggerak, yang mendorong lahirnya generasi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah yang mampu memimpin perubahan nyata,” paparnya.

Pada kesempatan berbahagia itu, PJ Bupati Konawe Dr. H. Harmin Ramba juga menyampaikan kabar menggembirakan bahwa Indonesia semakin dekat mencapai target satu juta guru ASN PPPK untuk meningkatkan kesejahteraan para pendidik.

“Saya percaya bahwa Hari Guru Nasional tahun ini bukan salam perpisahan, tetapi penanda kesatuan tekad kita untuk mengakselerasi kemajuan sistem pendidikan Indonesia. Mari kita rayakan hari ini dengan semangat untuk terus melaju ke depan, melanjutkan gerakan Merdeka Belajar. Selamat Hari Guru Nasional,” pungkasnya.( Red/SO)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *