oleh

Pemdes Sanggona Salurkan BLT-DD Tahap Pertama Tahun 2023 Sebanyak 35 KPM

SultraOne.com.Konawe – Pemerintah Desa Sanggona, Kecamatan Konawe salurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) salur pertama Bulan Januari – Maret 2023 kepada 35 penerima manfaat (KPM), Senin (10/4/2023).

Dalam kegiatan penyaluran BLT-DD di hadiri langsung Kepala Desa Sanggona, Hariyanto, Sekdes Sanggona, Muh Idwan Agus, S,Kapolsek Wawotobi,Iptu Hamsar,Camat Konawe,Muh.Agussalim, PDTI Indriani,PLD Anugrah Magrir, Bhabinkamtibmas Bripka Hermin dan tenaga Ahli Kabupaten,Irfan Umar

Camat Konawe, Muh Agusalim dalam sambutannya mengatakan kepada para penerima manfaat tetap produktif dalam kehidupan sehari-hari meskipun menerima bantuan.

“BLT dari dana desa ini bertujuan untuk percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem dan mengurangi dampak ekonomi akibat adanya pandemi Covid 19”,kata Muh. Agusalim

Ditempat yang sama,Kepala Desa Sanggona, Hariyanto mengatakan, Tahun 2023 ini Dana Desa untuk Bantuan Langsung Tunai dibatasi minimal 10 persen dan maksimal 25 persen, Persentase bantuan langsung tunai itu diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 201/PMK.07/2022 tentang Pengelolaan Dana Desa Tahun 2023.

Lanjut Hariyanto,Kebijakan ini bukan dari pemerintah desa melainkan dari pemerintah pusat, setiap KPM menerima sebesar Rp.900 ribu ,total anggaran yang disalurkan sebesar Rp.31.500.000 dalam penyaluran BLT ini.

Selanjutnya,Tenaga Ahli Pendamping Desa, Irvan Umar mengatakan, tujuan BLT ini untuk mempercepat penghapusan kemiskinan ekstrim dan membantu masyarakat yang terkena dampak Covid 19.

“Jadi ini bentuk perhatian pemerintah pusat untuk meringankan beban masyarakat,bantuan ini dapat dipergunakan masyarakat dengan sebaik-baiknya jelang hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah”,kata Irfan

Untuk diketahui, besaran uang tunai yang diterima KPM perbulannya sebayak Rp.900 .000,selama 3 bulan mulai Januari-Maret 2023 jumlah anggaran yang di salurkan melalui Dana Desa Sebesar Rp.31.500.000(Red/SO)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *