oleh

BPBD Konawe Memberikan Bantuan Kepada Korban Angin Kencang

-Konawe-646 views

SultraOne.com.Konawe – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konawe menyalurkan 136 paket sembako kepada korban angin kencang yang terjadi pada Minggu, 5 Maret 2023 di lima kecamatan yang ada di Kabupaten Konawe.

Sembako yang disalurkan oleh BPBD Kab.Konawe sebanyak 136 paket yaitu Beras, mie instan, minyak goreng, gula, teh, susu, ikan kaleng, air mineral, telur serta perlengkapan bayi

Kepala Pelaksana BPBD Konawe , Herianto Pagala mengatakan,sebelum kami menyalurkan bantuan terlebih dahulu dilakukan pendataan terhadap korban dari angin kencang yang terjadi pada Minggu 5 Maret 2023 lalu.

“Kami mencatat ada tujuh desa dan dua kelurahan yang menjadi sasaran penyaluran paket bantuan sembako di lima kecamatan itu,yaitu Kecamatan Morosi terdapat lima desa, yakni Desa Besu, Paku, Puuruy, Mendikonu, dan Desa Paku Jaya”,kata Herianto saat ditemui awak media setelah penyaluran sembako

Lanjut Herianto, Kecamatan Bondoala terdapat satu desa,yaitu Desa Pebunooha Dalam,untuk Kecamatan Unaaha ada Kelurahan Unaaha,kemudian di Desa Parauna, Kecamatan Anggaberi. Dan terakhir Desa Tabanggele, Kecamatan Anggolomoare.

“Untuk Kecamatan Morosi Desa Besu tercatat 68 jiwa atau 16 KK korban angin kencang. Ada juga satu balita dan satu lansia. Sementara di Desa Paku, ada 28 KK dengan total korban 143 jiwa terdiri dari 10 balita dan seorang bayi. Di Desa Puuruy terdapat 74 KK dari 155 korban jiwa, lima balita dan satu lansia”,ungkap Herianto

Herianto menambahkan,di Desa Mendikonu, BPBD mencatat hanya terdapat satu korban jiwa. Begitupun di Desa Paku Jaya satu KK dengan empat korban jiwa,selanjutnya di Desa Pebunoha Dalam, Kecamatan Bondoala, ada 14 KK dengan 53 korban Jiwa. Terdiri dari lima balita, satu bayi dan tiga lansia. Di Kecamatan Anggalomoare ada dua belas korban dari 4 KK.

“Kemarin kami juga telah menyalurkan bantuan serupa di dua kecamatan yakni Unaaha dan Anggaberi. Kelurahan Unaaha ada 12 korban jiwa, sedangkan di Kelurahan Parauna ada tujuh korban jiwa,”ujarnya

Herianto menjelaskan,kerugian material dari angin kencang yang terjadi pada Minggu 5 Maret 2023 diantaranya, 16 unit rumah di Desa Besu mengalami kerusakan, begitupun di Desa Paku Jaya tercatat ada 26 rumah tinggal dan satu Masjid.

Sedangkan di Desa Puuruy, Kecamatan Morosi, tercatat ada 13 unit rumah tinggal, 12 unit rumah kos dengan 61 kamar, satu batang tower IM3 dan satu unit batang tower mini Telkomsel. Di Desa Mendikonu, ada satu unit rumah Kos dan di Desa Paku Jaya juga satu unit rumah tinggal mengalami kerusakan yang sama.

Selanjutnya kata Herianto,Sementara itu, di Kecamatan Bondoala terdapat 14 unit rumah tinggal yang mengalami kerusakan, lalu di Anggolomoare empat unit rumah. Begitupun Kecamatan Unaaha tiga unit rumah dan Kecamanan Anggaberi dua unit rumah.

Dari peristiwa tersebut, kami mencatat ada satu orang laki-laki itu meninggal dunia. Korban melintas sehingga tertimpa ranting pohon yang tumbang. Kemudian ada juga korban luka tiga orang. Sedangkan yang mengungsi kami mencatat sekitar 12 KK dengan total 40 korban jiwa,kondisi terkini, sebagian pengungsi sudah ada yang kembali ke rumah masing-masing. Untuk Status tanggap darurat,pungkasnya (Red/SO)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI