oleh

Kegiatan Reses Sidang II Tahun 2023,Rusdianto Melaksanakan Reses di Dapil Konawe1

-Sultra-420 views

SultraIne.com.Konawe – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) gelar kegiatan melaksanakan kegiatan Reses masa Sidang II Tahun anggaran 2022/2023,pada kegiatan reses ini, seluruh anggota DPRD Kabupaten Konawe kembali ke daerah pemilihan untuk bertemu dengan konstituen sekaligus menjaring aspirasi untuk kemudian diperjuangkan agar apa yang menjadi kebutuhan masyarakat di desa bisa direalisasikan.

Mengawali kegiatan tersebut, masyarakat desa Karandu melalui Kepala Desa (Kades) setempat meminta kepada Wakil Ketua DPRD Rusdianto, SE, MM untuk memperjuangkan aspirasi warga terkait peningkatan jalan usaha tani, jaringan tersier/ irigasi.

Sementara itu, masyarakat juga meminta agar desa – desa yang tadinya berada di Wilayah Kecamatan Anggotoa dan saat ini sudah kembali ke Kecamatan Induk Wawotobi agar bisa mendapatkan pupuk bersubsidi dari pemerintah pusat.

Selain itu, di hadapan Wakil Ketua DRPD Konawe Rusdianto, SE, MM, masyarakat di empat desa tersebut mengeluhkan kondisi jalan dari Palarahi – Karandu yang mengalami kerusakan yang sangat parah.

Sebelum menjawab apa yang menjadi aspirasi masyarakat tersebut, Rusdianto terlebih dahulu menyampaikan bahwa kehadiran dirinya di tempat tersebut sudah yang kedua kalinya,saat itu dirinya menerima aspirasi terkait kebutuhan masyarakat petani berupa perbaikan jalan usaha tani, jaringan tersier/irigasi serta bantuan rumah ibadah dan bantuan cetak kolam ikan air tawar.

“Waktu itu (reses pertama) saya menerima keluhan masyarakat. Hari ini saya hadir lagi dengan membawa kabar gembira bahwa apa yang menjadi harapan masyarakat dalam waktu dekat ini sudah akan direalisasikan,” kata Rudi sapaan akrab wakil ketua DPRD Konawe

Lanjut Rudi,pada tahun anggaran 2023 ini, dirinya telah memperjuangkan aspirasi masyarakat dengan merealisasikan tiga dari empat permintaan masyarakat melalui dana aspirasinya.

“Untuk Jalan Usaha Tani (JUT) telah dianggarkan melalui APBD Konawe tahun anggaran 2023 sebesar Rp. 200 juta, jaringan tersier/irigasi sebesar Rp. 200juta serta bantuan rehab masjid untuk desa Karandu sebesar Rp. 20 juta”ungkap Rudi

Rudi menambahkan,anggarannya sudah ada, tinggal dikerjakan. Kalau untuk cetak kolam itu sudah tidak bisa dilaksanakan karena sesuai yang tertuang dalam rencana strategis daerah kuota cetak kolam sebanyak 1000 kolam dan itu sudah terpenuhi. Tetapi kalau bibit ikan Insya Allah masih bisa

Menjawab keluhan warga terkait masalah infrastruktur jalan, Rudi meyakinkan kepada masyarakat bahwa cepat atau lambat itu pasti dikerjakan karena sudah ada yang sementara dikerja dari Desa Wawone sampai di Desa Tetemotaha.

“Awalnya itu tembus ke Palarahi. Hanya saja saat ini baru sampai di Desa Tetemotaha. Yakin saja ini akan diselesaikan karena perbaikannya menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat,” terangnya.

Bakal Calon Bupati Konawe ini kemudian menyampaikan bahwa kebutuhan mendesak atau program prioritas masyarakat di empat Desa ini akan terus diperjuangkan pada anggaran 2024 mendatang.

“Insya Allah akan dibantu kembali. Saya kan masih Wakil ketua DPRD pada tahun 2024,” katanya.

Selain itu, salah satu Warga Desa Karandu Agus Marwan juga meminta kepada Wakil Ketua DPRD Konawe agar bisa membantu kegiatan Karang Taruna Desa berupa lomba balap Taksi Gabah dan juga Kesenian masyarakat di Desa Karandu seperti Kuda Lumping dan Singa -Siagaan. Menurut Agus Marwan, masyarakat Tolaki juga sudah menjadi bagian dari kesenian Kuda Lumping Singa – Singaan.

Mendengar hal tersebut, Rudi pun memberikan respon positif dan berjanji akan membatu kegiatan yang akan dilaksanakan tersebut.

“Untuk bantuan Kesenian Kuda Lumping dan Singa – Singaan itu sudah dianggarkan oleh Pak Desa melalui Dana Desa. Kalau untuk lomba Balap Taksi Gabah saya akan bantu. Buat proposalnya dan bawakan ke saya. Insya Allah saya akan bantu,” janji Rudi.

Menutup kegiatan reses tersebut, Wakil Ketua DPRD Konawe Rusdianto, SE, MM kembali menegaskan bahwa untuk bantuan perbaikan rumah ibadah dirinya tetap menjadikan hal itu sebagai salah satu program prioritas di tahun 2024 mendatang.

Untuk di ketahui,Pada Kegiatan Reses II Anggota DPRD Kabupaten Konawe masa sidang II Tahun anggaran 2022/2023, Wakil Ketua DPRD Konawe Rusdianto, SE, MM melaksanakan reses di Daerah Pemilihan (Dapil) Konawe 1 (Kecamatan Anggaberi, Unaaha, Wawotobi/Anggotoa, Konawe) bertempat di Balai Desa Karandu

Kegiatan reses Wakil Ketua DPRD Konawe ini dihadiri oleh Kades Karandu, Plt Kades Wowa Nario, BPD Korumba, Sekdes Nario Indah bersama ratusan masyarakat dari empat desa tersebut.

Laporan : Mahmud.Tahir

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *