oleh

Pembukaan Jambore Pramuka Tingkat Kabupaten,di Pimpin Langsung Bupati Konawe KSK

-Konawe-1,218 views

SultraOne.com.Konawe – Pemerintah Kabupaten Konawe menggelar Jambore Tingkat Kabupaten Konawe Tahun 2022 yang digelar Bumi Perkemahan Konggoasa, Kecamatan Amonggedo, Kabupaten Konawe di pimpin langsung Bupati Konawe,Kery Saiful Konggoasa (KSK).Kamis (19/05/2022).

dalam pembukaan jambore ini juga turut hadir Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulawesi Tenggara, Irawan Laliasa.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Konawe, Pince Sonaru, Anggota DPRD Konawe.

Sekertaris Daerah Kabupaten Konawe, Ferdinand Sapan, Pimpinan OPD, Camat dan Muspida, Kapolsek Pondidaha, IPTU Heru Purwoko dan Jajaran Pengurus Kwarcab, Kwarran, Para Andalan Cabang dan Ranting.

Sementara itu, para peserta jambore terdiri perwakilan sekolah SD, MI, SMP dan MTs dari 29 Kecamatan di Konawe.

Pelaksanaan jambore ini akan berlangsung mulai Tanggal 18-22 Mei 2022.

Bupati Konawe,Kery Saiful Konggoasa dalam sambutannya mengatakan gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriot, tast hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa.

“Kemudian memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup dan berkecakapan hidup,satu kalimat singkat yang bisa mengambarkan amanat UU gerakan pramuka sudah tersebut. Dua aspek fisik yang sudah semestinya diterapkan pada setiap pribadi bangsa Indonesia,” kata Bupati KSK sapaan akrabnya.

Lanjut KSK,disebutkannya gerakan Pramuka merupakan suatu sistem pendidikan nonformal yang membantu dan melengkapi pendidikan formal,gerakan Pramuka adalah wahana penting untuk membentuk watak atau karakter dan kepribadian nasional bagi generasi muda bangsa.

Lebih lanjut,KSK mengatakan gerakan Pramuka adalah tempat menempa keterampilan pengetahuan, memupuk jiwa disiplin dan membina semangat kebersamaan bagi para anggotanya menurutnya di Organisasi Gerakan Pramuka ini dapat dijadikan sebagai sarana belajar berbagai keterampilan yang tidak diperoleh dibangku sekolah

“Diantaranya belajar berkomunikasi dengan berbagai kalangan, belajar bermain di alam bebas, membangun keberanian dan tanggung jawab dan belajar memimpin anggota yang lain,semuanya itu menempa kita untuk mandiri, berani, bertanggung jawab, berdisiplin dan terampil. Sehingga kita semua harus bangga menjadi anggota Pramuka,” ungkap KSK

Selain itu, Kery mengungkapkan, fenomena yang terjadi di era globalisasi ini, banyak generasi muda kita yang berperilaku kontradiktif dengan nilai-nilai karakter bangsa,contoh kondisi moral para pelajar sekarang ini jika dibandingkan beberapa tahun yang silam sangat memprihatinkan.

“Dahulu kita sangat menghormati guru. Kita melihat guru saja sudah merasa segan, kita membungkukkan badan jika berjalan di depan guru,tetapi anak-anak sekarang mereka hanya lewat saja tanpa sedikitpun menegur gurunya Pelajar tidak menyadari bahwa guru adalah orang tua bagi mereka jika berada di sekolah,”ujar KSK

KSK menambahkan,Melalui kegiatan Jambore Cabang Tahun 2022 ini, Kery berharap, para andalan, baik di tingkat Cabang, Ranting maupun yang berada di Gugus Depan untuk lebih merapatkan barisan dan menyatukan gerak langkah untuk percepatan dalam pembentukan karakter kaum muda Indonesia,serta meningkatkan kualitas gugus depan sebagai wahana pendidikan karakter bangsa.

“Saya minta kepada kepala-kepala sekolah Kabupaten di Konawe, mulai dari tingkat Sekolah Dasar hingga tingkat lanjutan untuk turut berperan serta mendukung pencapaian tujuan Gerakan pramuka khususnya di sekolah”tutupnya

Laporan : Mahmud.Tahir

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *