oleh

Petani Yang Terdampak Perbaikan Jaringan Irigasi,Pemda Konawe Memfasilitasi Ketahanan Pangan

-Konawe-1,172 views

SultraOne.com.Konawe – Para petani yang terdampak perbaikan atau rehabilitasi jaringan irigasi dibeberapa kecamatan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe memfasilitasi untuk ketahanan pangan selama perbaikan irigasi.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kabupaten Konawe, H Muhammad Akbar SP, mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Konawe terkait upaya fasilitasi para petani untuk antisipasi ketahanan pangan menyusul adanya perbaikan jaringan irigasi.

Lanjut Akbar,untuk mendukung ketahanan pangan wilayah-wilayah tersebut akan mengalih fungsikan tanaman yaitu tanaman horti lainnya seperti jagung dan kedelai

“Adapun bibitnya,akan difasilitasi oleh Dinas Pertanian. Selain itu, pihaknya juga telah turun lapangan dibeberapa desa terdampak”‘kata Akbar Sapaan akrabnya,saat ditemui awak media,Selasa (15/02/2022)

Akbar menambahkan,dana desa sebesar 20 % untuk ketahanan pangan akan dialokasikan untuk para petani yang terdampak dengan memberikan peralatan seperti mesin pompa air untuk tetap mengolah sawah.

“Dampak dari perbaikan jaringan irigasi ini tidak akan mengganggu ketersediaan pangan di Konawe,untuk ketersediaan beras karena kita masih bisa panen di Tongauna, Abuki, Padangguni, Asinua, Walay yang tidak mengalami gangguan juga sebagian wilayah Unaaha,” ungkap Akbar.

Wilayah tersebut, masih ada hamparan sawah yang diolah sebesar12 ribu hektar para petani memahami situasi perbaikan jaringan irigasi ini yang akan berdampak positif terhadap sumber daya air untuk para petani hingga 20 tahun yang akan datang,pungkasnya

Laporan : Mahmdu.Tahir

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *