by

PJ Kades Lamparinga Sukses Realisasikan Dana Desa Tahun Anggaran 2021

SultraOne.com.Konut – Setela resmi dilantik sebagai Penjabat Kepala Desa (PJ) Lamparinga Kecamatan Wiwirano Kab. Konawe Utara (Konut) Sulawesi Tenggara (Sultra), harlin S. Si dinilai sukses melanjutkan roda pemerintahan dalam pengelolaan anggaran dana desa (DD) tahun anggaran 2021.

Harlin S. Si merupakan aparatur sipil Negara (ASN) yang sebelumnya bertugas sebagai Staf pemerintahan Kantor Kec. Wiwirano, kinerja dan prestasi yang disumbangkan serta loyalitas tinggi terhadap pimpinan, pria dengan sapaan akrap bang harlin ini dipercayakan untuk melanjutkan roda pemerintahan di desa lamparinga terhitung sejak tanggal pelantikan pada tahun 2021 yang lalu.

Awal pemerintahan sebagai PJ. Kades Lamparinga, Harlin S. Si mendapatkan kewenangan untuk mengelolah anggaran dana desa (DD) tahap dua dan tiga,sedangkan dana desa tahap satu sebelumnya telah dikelolah oleh mantan kepala desa depinitif yang kini telah berahir masa jabatannya.

Kepada awak media ini PJ. Kades Lamparinga, Harlin S. Si menjelaskan bahwa, anggaran dana desa (DD) tahap dua dan tiga telah direalisasikan sesuai dengan program kerja yang ada, salasatunya adalah bantuan rumah baru yang telah direalisasikan sebanyak 9 unit masing-masing rumah berukuran 6×8 dengan anggaran Rp,29.000.000/unit.

Selain itu, lanjut kades menerangkan bahwa sisa dari anggaran yang ada dialihkan untuk pengadaan fasilitas balai desa seperti, kursi plastik 200 Buah, kipas angin gantung 2 unit, meja biro 2 unit, lemari buku 1 unit, warles 1 unit, laptop dan printer masing-masing 1 Unit.

“Melalui anggaran dana desa (DD) tahap dua dan tiga, Alhamdulillah dari beberapa program kerja yang saya lanjutkan pisik maupun non pisik semua telah terealisasi dengan baik” Ucap Harlin pada hari Jum’at 7 Januari 2022.

“Realisasi penggunaan dana tersebut sudah termasuk dengan anggaran dana stanting Rp,20.000.000, penyaluran BLT, honor pengurus mesjid 5 orang, insentif perawat desa 1 orang, serta honor pemangku adat 5 orang semua terselesaikan” tambahnya.

Kata dia, walau posisi jabatan Kades ini hanya sementara, tetapi dirinya akan terus berusaha untuk memberikan yang terbaik pada masyarakat, seperti yang telah diamanatkan oleh bupati konut dalam menjalankan roda pemerintahan harus sesuai dengan aturan serta menerapkan teknis pengelolaan keuangan desa yang transparan dan akuntabel.

Menurutnya, dengan cara mengedepankan hasil musyawarah yang telah disepakati, pengelolaan anggaran dana desa yang ada pasti akan memberikan dampak positif terhadap masyarakat setempat.

“Beberapa usulan warga telah dicatat saat kami melaksanakan musdes tahun lalu, jika tahun ini masi diberi kepercayaan untuk memimpin desa lamparinga, insya allah dalam waktu dekat ini pemerintah desa akan menggelar musyawara penetapan program kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2022 ini” tandas PJ. kades Lamparinga.

Ditempat terpisah satu perwakilan dari tokoh masyarakat setempat awaludin warga dusun 1 memberikan apresiasi atas kinerja PJ kades lamparinga yang dinilai sukses dalam menjalankan roda pemerintahan.

“Kades kami ini belum satu tahun menjabat sudah menunjukan cara pengelolaan dana desa yang baik dan transparan, penggunaannya pun kami nilai tepat sasaran” kata Awaludin saat ditemui awak media dirumahnya.

Sementara Muhamad Idil, dilain tempat mengatakan, sebagai kepala keluarga baru dirinya sangat bersukur atas kebijakan kades yang telah memberikan bantuan rumah walau anggaran terbatas.

“Alhamdulillah atas kebijakan kades saya telah memiliki rumah sendiri, semoga kedepan masyarkat yang kurang mampu dapat juga mendapatkan bantuan seperti saya ” tutupnya.

Laporan: Wiwin

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERKINI