oleh

Realisasikan Dana Desa Tahap Dua, Pemdes Larompana, Berharap Agar Masyarakat Meningkatkan Bakat Olahraga

-Konut-723 views

SultraOne.com.Konut – Pemerintah Desa Larompana Kec. Wiwirano Kab. Konawe Utara realisasikan dana desa (DD) tahap dua melalui tiga program kegiatan fisik, diantaranya, pembangunan sarana olahraga, pengadaan kursi desa, dan peningkatan jalan Desa.

Upaya Transparan yang ditunjukan kepada masyarakat atas jumlah anggaran dana desa yang dikelolah pemerintah desa, Kades Larompana, Kunut Hidayat Sumanta S. Si menyebutkan, pagu Anggaran pendapatan belanja desa (APBdes) yang bersumber dari APBN tahun anggaran 2021 sebanyak Rp 750.294.000 sedangkan Dana desa (DD) tahap dua yang telah dicairkan dan digunakan untuk program pengadaan dan pembangunan fisik senilai Rp 250.000.000,00.

Lanjut kades menjelaskan bahwa, tiga item kegiatan yang direalisasikan menggunakan dana desa tahap dua merupakan program proritas yang di usulkan oleh masyarakat dan disepakati bersama saat pelaksanaan musyawara tingkat desa (musdes).

Selain itu, kades menambahkan, Untuk melaksanakan unsur PKTD yang didalamnya ada HOK, maka proses pembangunan sarana olahraga tersebut dikerjakan oleh warga lokal, hal itu dilakukan bagian dari upaya dalam memperdayakan masyarakat setempat.

“Antusias Masyarakat yang turut serta dalam proses pembangunan lapangan volly diberikan gaji yang sesuai dengan standar HOK perharinya120.000, warga yang kerja akan dapat gaji HOK, kalau tidak kerja tentu tidak digaji” ucap Kunut Hidayat, kamis 11 November 2021.

Lanjut dikatakanya, lapangan Volly yang dibangun diatas tanah kas desa luas 24×15 merupakan sarana kegiatan positif bagi masyarakat yang hoby berolahraga.

“Adanya lapangan itu, tentu masyarakat akan gemar untuk menyalurkan hoby, jika hoby tersalurkan maka semangat jiwa dan bakat olahraga mereka pasti akan terbangkitkan, saya pribadi selaku penanggung jawab pemerintahan diwilayah ini, tentu sangat mengharapkan sarana olahraga tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik, agar nanti masyarakat bisa mengharumkan nama baik wilayah setiap mengikuti turnamen pertandingan olahraga khususnya dibola volly” tambahnya.

Kades Larompana juga menuturkan, anggaran dana desa tahap dua yang telah diporsikan untuk pembangunan pasilitas olahraga dan pengadaan kursi desa, sisa dari anggaran tersebut akan digunakan untuk peningkatan insfrastruktur jalan desa.

 

“Saat musdes masyarakat juga mengusulkan perbaikan infrastruktur, tetapi karna anggaran terbatas, sehingga dipencairan tahap dua ini hanya di realisasikan volume peningkatan jalan 50 persen dulu, adapun lanjutanya akan diselesaikan setelah pencairan dana desa tahap tiga nanti,.”imbuhnya

Ditempat terpisah, perwakilan dari toko masyarakat setempat, Edi warga dusun satu membenarkan hal diatas, pembangunan sarana olahraga dan pengadaan kursi desa serta peningkatan jalan memang benar bahwa item tersebut adalah usulan masyarakat saat musdes

Edi juga memberikan apresiasi pada kades larompana yang telah memperdayakan tenaga lokal dalam proses pembangunan sarana olahraga tersebut

“Warga setempat sangat bersykur atas keterlibatan dalam proses pembangunan sarana olahraga itu, terlebih lagi, lapangan itu membawa dampak positif untuk kami masyarakat dan terkhusus adik adik karang taruna desa larompana” tutupnya.

Laporan: Wiwin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI