oleh

PT SCM & PT IKIP Salurkan Sembako dan Alat Penanganan Covid-19 di kecamatan Routa dan Wiwirano

-Konawe-1,260 views

SultraOne.com – Tujuh desa dan satu kelurahan di kecamatan Routa (Konawe) dan Wiwirano (Konawe Utara) menerima bantuan sembako dan alat penanganan Covid-19 dari PT Sulawesi Cahaya Mineral (SCM) dan PT Indonesia Konawe Industrial Park (IKIP), Sabtu – Rabu (11-15/9). Di kecamatan Routa, bantuan itu dibagikan di kelurahan Routa, desa Lalomerui, Walandawe, Tirawonua, Paradongka, Tanggola dan desa Puuwiwirano. Sementara di kecamatan Wiwirano, bantuan disalurkan bagi warga yang berada di desa Pondoa. Sebanyak 1.120 paket bantuan diberikan oleh External Relation PT SCM & PT IKIP. Secara simbolis, bantuan sembako dan alat penanganan Covid-19 itu diterima oleh masing-masing perwakilan desa yakni unsur pemerintah desa (Kepala Desa, Sekretaris Desa, Kepala Dusun), Ketua BPD, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

Adapun rincian pemberian bantuan sembako dari total 1.120 paket di masing-masing desa, terdiri dari kelurahan Routa sebanyak 204 paket dan diterima oleh Lurah Routa, Ahmad SIP. Di Paradongka, 303 paket diterima oleh Kades Paradongka Ilham. Di Tirawonua 171 paket diterima oleh Kades Tirawonua Saris Ladupai. Di Tanggola, 102 paket diterima oleh Kades Tanggola Supardi. Di Puuwiwirano, 100 paket diterima oleh Kades Puuwiwirno Abdul Jabar. Di Walandawe, 70 paket diterima oleh Kades Walandawe Risman. Di Lalomerui, 87 paket diterima oleh Kades Lalomerui Taswin. Di Pondoa, 83 paket diterima oleh Kades Pondoa Muchlis Ukas. Khusus di desa Lalomerui, bantuan sembako dan alat penanganan Covid-19 secara simbolis diserahkan langsung oleh Presiden Direktur (Presdir) PT SCM Agus Superiadi dan Manager External Relations Wagimin Sastra Hadi kepada Camat Routa Halim SIP sebagai perwakilan dari masyarakat kecamatan Routa dan desa Pondoa, Selasa (14/9). Selain acara penyerahan bantuan, moment itu juga dipergunakan untuk ajang silaturahmi serta pengenalan Agus Superiadi selaku Presdir PT SCM baru yang menjabat sejak 1 September 2021 kepada masyarakat Routa.

Dalam sambutannya, Presdir PT SCM Agus Superiadi menyampaikan, tujuan penyerahan bantuan sembako dan alat penanganan Covid-19 adalah sebagai wujud kepedulian pihak perusahaan terhadap warga sekitar dalam usaha penanggulangan Covid-19. Walaupun perusahaan saat ini belum berproduksi, tetapi perusahaan tetap akan berusaha memberikan bantuan kepada masyarakat sekitar sebagai bentuk dari tanggung jawab sosial perusahaan. Agus Superiadi berharap, perlu adanya sinergi antara pihak perusahaan, pemerintah, kepolisian dan masyarakat sekitar agar semua program-program yang dilaksanakan untuk masyarakat tidak tumpang tindih sehingga penyaluran bantuan dapat berjalan maksimal.

“Kita harapkan masyarakat dapat terus mendukung kegiatan perusahaan agar bisa cepat mulai berproduksi. Sehingga kedepan, perusahaan bisa lebih banyak lagi memberi bantuan sosialnya melalui program-program pemberdayaan masyarakat,” harap Presdir PT SCM Agus Superiadi.

Agus Superiadi mengatakan, perusahaan harus hidup rukun dan damai dengan masyarakat setempat agar kegiatan perusahaan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Jika ada masalah yang timbul, dapat dibicarakan bersama dengan difasilitasi oleh pemerintah kecamatan dan pihak kepolisian sektor (Polsek) untuk segera dicarikan solusinya.

“Terima kasih kepada Camat, Kapolsek, Kepala Desa, tokoh agama, tokoh masyarakat dan masyarakat sekitar tambang yang telah membantu pihak perusahaan sehingga sampai saat ini perusahaan dapat berjalan dengan baik dan lancar,” ujar Agus Superiadi.

Mewakili pemerintah, kepolisian dan masyarakat Routa, Camat Routa Halim SIP, Kapolsek Routa Ipda Laode Hasmil Hamzah SH dan tokoh masyarakat Routa Taksir Unggahi, menerima baik bantuan sembako dan alat penanganan Covid-19. Mereka mengungkapkan rasa haru dan berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada perusahaan yang telah hadir di tengah-tengah masyarakat Routa.

“Pemerintah dan masyarakat berharap melalui Presdir yang baru, perusahaan bisa segera berproduksi,” ungkap Camat Routa Halim SIP.

Ia meminta sekiranya nanti sudah mulai berproduksi, pihak perusahaan memberikan perhatian khusus agar melibatkan orang-orang lokal dalam semua proses pekerjaan di perusahaan sepanjang pekerja tersebut memenuhi persyaratan. Jika belum memenuhi persyaratan, pihak perusahaan bisa memberdayakan pekerja dan masyarakat lokal agar mereka bisa mendapat manfaat dari keberadaan perusahaan.

“Pemerintah kecamatan, polsek dan masyarakat Routa dan Pondoa akan terus mendukung kegiatan perusahaan dan turut mendoakan agar perusahan senantiasa dapat berjalan dengan baik, lancar dan cepat berproduksi. Jika ada masalah perusahaan dengan masyarakat, kami akan selalu siap menfasilitasi agar masalah tersebut dapat segera teratasi dan terselesaikan,” ucap Halim SIP.

Laporan : Redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *