oleh

Pemkab Konawe Utara Berikan Bantuan Kepada Sejumlah Kelompok Tani

-Konut-1,103 views

SultraOne.com.Konut – Bupati Konawe Utara H. Ruksamin di dampingi Wakil Bupati H. Abuhaera, bersama Sekda Konut H. M kasim Pagala, dan Kapolres Konawe Utara AKBP Achmat Fathul Ullum S.IK, perwira penghubung kodim 1417 kendari, Ka.Pos binda, serta staf ahli, asisten dan para kepala OPD lingkup pemda Konut menghadiri kegiatan pelatihan tematik kelompok tani Pekarangan Pangan Lestari ( P2L ).

Kegiatan pelatihan tematik kelompok tani P2L yang di selenggarakan oleh dinas ketahanan pangan Kabupaten Konawe Utata berlangsung di kebun taruna tani konasara desa Awila Puncak Kec. Molawe resmi di buka oleh bupati konut H. Ruksamin pada Hari Senin 31 Mei 2021

Setelah membuka kegiatan P2L, Bupati Konut H. Ruksamin melanjutkan pemberian materi kepada kelompok tani terkait teknis pengelolaan ilmu manajemen pertanian, mulai dari teknis perhitungan, pengelolaan kelompok, teknis penanaman dan teknis pemasaran.

H. Ruksamin yang di kenal baik dan ramah di kalangan masyarakat, bahkan menjadi orang nomor Satu di Konawe Utara, selain menjabat sebagai Bupati Konut, mantan Ketua DPRD Konut ini menyisipkan waktunya untuk bertani, membuka lahan pekarangan dengan menanam berbagai macam tanaman sayuran.

 

Dalam sambutanya H. Ruksamin, memberikan gambaran keuntungan daerah dan petani yang di dapatkan jika memanfaatkan program dan lahan pekarangan pertanian.

“Misalnya jika dalam satu desa ada 25 masyarakat yang memanfaatkan pekarangan seluas 50×50 meter dengan menanam cabai pertiga bulan menghasilkan 25 kg dengan harga cabai misalnya 20 ribu rupiah perkilonya dikalikan dengan jumlah desa yang ada di konut sebanyak 159 desa berarti kita mampu menghasilkan pendapatan sebanyak Rp.993.750.000,00” Kata ruksamin saat memberikan pandangan bagi kelompok tani

Lebih lanjut Ruksamin memyebutkan Ini hanyalah gambaran perhitungan yang rendah coba bayangkan jika di 159 desa yang ada bisa memanfaatkan lahan pekarangan nya yang melebihi luas dari ukuran 50×50 meter otomatis dari hasil pertanian yang kita manfaatkan, dapat mendorong perekonomian kita lebih mandiri dan sejahtera.

Kegiatan tersebut yang bertemakan “Pemanfaatan Pekarangan melalui pekarangan pangan lestari P2L, untuk mendukung ketahanan pangan masyarakat di masa pandemi covid-19 demi menuju konawe utara yang lebih sejahtera dan berdaya saing.

Usai memberikam materi Bupati Konut H. Ruksamin dan Wabup Konut H. Abuhaera bersama sekda H. M kasim pagala menyerahkan bantuan kepada masing-masing kelompok tani sebesar Rp. 55.000.000,00 per kelompok .

Adapun kelompok tani yang mengikuti pelatihan dan menerima bantuan adalah, Kelompok kapumoleba dari Desa Walalindu Kec. Asera Kelompok Meronga-ronga dari Desa Otipulu Kec. Wawolesea, Kelompok Konasara dari Desa Andumowu Kec. Lasolo, Kelompok Mepokoaso dari Desa Longeo Utama Kec. Asera, Kelompok Samaturu dari Desa Otole Kec. Lasolo, Kelompok Kartini mandiri dari Desa Watuwula Kec. Lembo,.Kelompok Putri Konasara dari Desa Lamparinga Kec. Wiwirano dan Kelompok Tani Mawar dari Kelurahan Tinobu Kec. Lasolo.

Laporan: Wiwin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *