oleh

GTS Sambangi KWT Flamboyan Desa Toronipa

-Konawe-1,823 views

SultraOne.Com, Konawe – Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara bersama Kepala Dinas ketahanan Pangan Konawe, Muh. Akbar menyambangi kebun percontohan (Demplot) Kelompok Wanita Tani (KWT) Flamboyan di Desa Toronipa, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe. Minggu, 19 Juli 2020.

Kebun perncontohan tersebut telah menghasilkan tanaman sayur yang begitu subur dan hijau, tampak bebas dari hama. Dimana para petani tanaman sayur tersebut menggunakan dengan pupuk organik.

Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara mengatakan, konsusmsi sayur warga Konawe itu sangat tinggi.

“Jika rata-rata komsumsi sayur per kepala keluarga (KK) adalah Rp15 ribu per hari dan angka tersebut dikali 365 hari (satu tahun, red), maka hasilnya sama dengan Rp5,4 juta. Angka Rp5,4 juta dikali dengan 58 ribu (jumlah KK di Konawe, red) hasilnya adalah Rp317,5 miliar,” ujar GTS.

Lanjut GTS, Bagaimana kalau masing-masing keluarga menghemat belanja sayurnya dengan memanfaatkan pekarangan untuk menanam sayur. Otomatis angka 317 milar ini bisa dipakai untuk belanja produktif lainnya.

“Untuk KWT Flamboyan,agar produksinya terus di tingkatkan,sehingga nantinya produksi bukan hanya sekadar memenuhi kebutuhan keluarga anggota kelompok,akan tetapi juga bisa dijual agar lebih bernilai ekonomis,” beber GTS wabup konawe.

GTS menambahkan, Kalau konsumsi per KK itu Rp15 ribu, maka produksinya ditambah lagi, sehingga bisa dijual,jadi kebutuhan sayur keluarga tertutupi, pemasukan juga ada banyak pasar yang akan menada hasil produksi sayur di Konawe.

GTS juga menyerahkan bantuan alat pengemas sayur, yang merupakan bantuan dari APBN.

Sekretaris Kelompok Wanita Tani (KWT) Flamboyan, mengatakan bahwa KWT Flamboyan terbentuk dibulan Maret 2020 lalu dan Dibentuk secara swadaya dan melibatkan 30 KK.

Lanjut Ratna, untuk demplotnya sendiri baru dimulai satu bulan terakhir, yakni pada tanggal 14 Juni 2020. Meski demikian, sudah ada sayur-sayuran yang sudah bisa dipanen. Keberadaan demplot juga sempat menarik perhatian pihak Lanal Kendari dan sempat berkunjung

Untuk diketahui, Demplot KWT Flamboyan terletak di pekarangan salah seorang rumah warga. Luasnya tak seberapa. Namun punya koleksi tanaman Sawit, Kangkung, Tomat, Lombok, Terong, Pariah, Seledri, Selada, Kacang Panjang, Gambas, Ubi Kayu, Buah Naga dan kolam Ikan.

Laporan : Redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *