by

Hadapi Musim Penghujan, BPBD Konawe Siagakan 40 Personil

-Konawe-1,441 views

SultraOne.Com, Konawe – Badan Penanggulangan Bencan Daerah (BPBD) Kabupaten Konawe menginstruksikan jajarannya meningkatkan kesiagaan dalam menghadapi potensi hujan lebat dan luapan air akibat curah hujan tinggi.

Potensi kemungkinan terulangnya kembali bencana alam yang setiap tahun terus melanda wilayah Kabupaten Konawe, menjadi atensi tersendiri setiap tahunnya.

Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan BPBD Konawe, Samsul mengatakan, saat ini pihaknya tengah berwaspada menghadapi potensi datangnya banjir yang biasa terjadi saat musim penghujan. Dari segi kesiapan sumber daya manusia (SDM) di BPBD Konawe.

“Personil penanggulangan bencana yang terlatih sudah disiapkan jika musibah tersebut datang kembali melanda Kabupaten Konawe. Sudah ada tim reaksi cepat (TRC) BPBD Konawe, ada 40 personil didalamnya. Jadi ketika terjadi banjir, mereka sudah siap turun membantu warga yang tertimpa musibah,” beber Samsul.

Selain dari segi SDM, kesiapan fasilitas penanganan banjir juga telah tersedia di BPBD Konawe, persediaan armada tersebut untuk mendukung kelancaran kerja personil TRC ataupun proses evakuasi warga.

“Armada itu berupa dua unit perahu politilen (perahu boat, red) dan dua unit perahu katamaran. Selain itu, ada pula empat unit perahu karet namun saat ini kondisinya mengalami kebocoran,” terang Samsul.

Langkah-langkah antisipasi yang sudah dilakukan BPBD Konawe yaitu melakukan penyebaran papan informasi imbauan di beberapa titik di kecamatan se-Kabupaten konawe.

“Seperti di wilayah yang memang menjadi langganan banjir misalnya di Kecamatan Lambuya, Asinua dan Soropia,” tutup Samsul

Laporan : Redaksi

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERKINI