oleh

Kelurahan Lalosabila Keciprat Dana Aspirasi Rp.400 Juta

-Konawe-2,463 views

SultraOne.com.Unaaha – Anggaran dana kelurahan menjadi stimulan dalam melakukan pembangunan di tingkat kelurahan. Hal itu sangat disadari oleh Lurah Lalosabila kecamatan Wawotobi, Hajaruddin Delawa. Dana kelurahan tahun 2020 bakal digunakan untuk membangun infrastruktur seperti jalan, drainase dan pengadaan lampu penerang jalan.

Lurah Lalosabila, Hajaruddin Delawa mengatakan, prioritas dana kelurahan tahun ini dititikberatkan pada pengadaan lampu penerang jalan. Tahun 2020 ini, katanya, pihaknya berencana untuk membuat lampu penerang jalan sebanyak 115 titik. Anggaran yang diporsikan sebesar Rp 138 juta untuk mengadakan lampu penerang jalan di kelurahan Lalosabila.

“Estimasi biayanya Rp 1,2 juta setiap satu titik pemasangan. Selain, ada pula pembuatan gapura atau pintu gerbang Lalosabila dengan biaya Rp 32 juta,” ujar Lurah Lalosabila Hajaruddin Delawa, Selasa (7/4).

Dirinya menyebut, pada tahap II tahun 2020, pihaknya bakal menggenjot aspek fisik berupa penimbunan jalan, pembuatan talud serta pembangunan jembatan di kelurahan Lalosabila. Seingatnya, anggaran untuk mengerjakan tiga item kegiatan itu berkisar Rp 163 jutaan. Sisanya, berupa kegiatan pemberdayaan dengan kisaran nominal Rp 12 juta.

“Selain itu, Lurah Lalosabila menjelaskan, tahun ini pihaknya juga menerima dana aspirasi dari H Alauddin yang merupakan salah satu anggota DPRD Konawe. Dana aspirasi itu yakni Rp 400 juta untuk pembangunan jalan usaha tani (JUT) dan untuk pembuatan drainase.

“Volumenya tinggal menyesuaikan dari nominal yang ada. Terlepas dari itu, pada tahun 2019, kita juga sudah menuntaskan beberapa kegiatan fisik semisal pembuatan drainase, talud, pengadaan sarana pemukiman dan kegiatan pemberdayaan masyarakat di kelurahan Lalosabila dengan total anggaran Rp 370-an juta,” pungkas Hajaruddin Delawa.

Laporan : Redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI