by

Pelaku Usaha Perikanan Disiapkan Program KUR

SultraOne.Com, Konawe – Pelaku usaha perikanan di Konawe tak perlu ragu lagi memikirkan expansi pengembangan bisnisnya. hal tersebut dikarnakan pihak perbankan dalam hal ini BRI kantor cabang Unaaha sudah siap menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) bagi pelaku usaha perikanan yang ada di daerah berjuluk lumbung padi Sultra itu.

proses KUR memang dicanangkan untuk mempermudah pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya, namun ada syarat tertentu untuk mendapat mengajukan atau mendapatkan modal dana KUR, yakni Jika sudah menekuni bisnis perikanan selama enam bulan keatas, dipastikan sudah bisa mengajukan pinjaman di BRI Unaaha lewat program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Hal itu dikemukakan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DKP Konawe, Gunawan Samad seusai kegiatan sosialisasi program KUR bagi pelaku usaha perikanan di Konawe, Rabu, 11 Maret 2020 di Kelurahan Puosu Kecamatan Tongauna.

Gunawan Samad mengatakan, program KUR bagi pelaku usaha perikanan itu menjadi bentuk keseriusan pihaknya dalam mendukung pengembangan bisnis perikanan di Konawe. Sosialisasi itu, katanya, dihadiri oleh 40 pelaku utama usaha perikanan se-Konawe. Selain itu, DKP Konawe juga menggandeng DPC Ikatan Penyuluh Perikanan Indonesia (Ipkani) Konawe untuk memberikan tips-tips seputar pengembangan bisnis bagi pelaku usaha perikanan tersebut.

“KUR itu bisa membangkitkan usaha kecil dan menopang pendapatan masyarakat. Sektor perekonomian pasti berkembang dan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Konawe. Itu tujuan kita menggelar sosialisasi program KUR kepada pelaku usaha perikanan ini,” ujarnya.

Menurut Gunawan, pelaku usaha perikanan di Konawe tidak bakalan rugi jika meminjam dana di BRI Unaaha lewat program KUR. Selain bunganya yang rendah, jumlah pinjaman yang diberikan pun bisa dalam nominal yang besar.

“Kalau tidak salah, bunganya 0,2 persen. Besaran nominal pinjamannya itu, tergantung hasil survey lokasi usaha yang dilakukan pihak bank,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Konawe Gusli Topan Sabara menekankan bahwa, peluang sektor usaha perikanan di Konawe sangatlah besar. Peluang itu, katanya, harus dimanfaatkan dengan baik, utamanya oleh para pelaku usaha perikanan. Gusli mengimbau pebisnis di sektor perikanan itu jangan segan-segan meminjam uang di bank untuk mengembangkan usaha yang digelutinya.

“Sektor perikanan menjadi salah satu atensi yang terus kami tingkatkan, disamping sektor pertanian dan peternakan. Karena, tiga sektor ini yang akan mampu mengangkat harkat dan martabat masyarakat yang ada di kabupaten Konawe. Saya minta kepada pihak BRI selaku penyalur KUR, untuk memberikan kemudahan dalam persyaratan maupun penyaluran KUR bagi para pelaku usaha perikanan yang ada di Konawe,” ungkap mantan Ketua DPRD Konawe itu. (**)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERKINI