Make Image responsive
by

MTQ Tingkat Kabupaten Konawe Akan Di Gelar Jelang Akhir Februari

-Sultra-347 views

SultraOne.Com, Konawe – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-35 tingkat Kabupaten Konawe siap digelar. Rencananya, 24 Februari mendatang, pemerintah Kabupaten (pemkab) Konawe akan membuka secara resmi pelaksanaan lomba tersebut yang bertempat di pelataran eks-MTQ Konawe.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Kabupaten (Setkab) Konawe, Sukri Nur mengatakan, penentuan jadwal maupun lokasi pelaksanaan kegiatan MTQ ke-35 tingkat Kabupaten Konawe diputuskan dalam rapat yang digelar bersama para camat se-Konawe, dewan hakim, majelis ulama dan pimpinan pesantren yang ada di Konawe. Hasil pertemuan itu, katanya, disepakati bahwa pelaksanaan MTQ tingkat Konawe bakal digelar selama satu minggu, dimulai pada tanggal 24 Februari 2020. Peserta lomba MTQ itu,

Lanjutnya, merupakan kontingen dari tiap-tiap Kecamatan se-Konawe. Sukri Nur juga menyebut, tak ada batasan berapa jumlah peserta yang akan diutus dari pihak kecamatan. Yang penting, ada utusan kecamatan yang menjadi peserta di setiap jenis lomba yang dipertandingkan.

“Ada banyak jenis lomba yang kita tandingkan dalam kegiatan MTQ kali ini. Diantaranya, tartil Quran, murattal, hifdzil dan tafsir Quran. Ada juga lomba karya tulis ilmiah Al-Quran (KTIQ). Pesertanya juga terbagi menjadi kalangan anak-anak, remaja serta orang dewasa,” ujar Sukri Nur saat ditemui di kantor Bupati Konawe, Rabu (12/2).

Sukri Nur menambahkan, peserta MTQ tingkat Konawe berbeda dengan yang digelar di daerah lain. Pelaksanaan MTQ ke-35 tingkat Konawe, sebutnya, tidak mengambil orang luar. Dengan kata lain, syarat yang harus dipenuhi sebagai peserta yakni harus warga asli Konawe. Atau, orang luar daerah yang saat ini tengah bersekolah atau kuliah di wilayah Konawe.

“Bukan juaranya yang kita kejar, tapi manfaatnya. Syiar lomba MTQ tersebut. Itu alasan kenapa kita batasi dan tidak mengambil orang dari luar. Kalau kita ikutkan orang luar, setelah dapat juara peserta itu langsung pergi. Tidak ada imbasnya buat Konawe,” ungkapnya.

Laporan : Redaksi

Make Image responsive
Make Image responsive

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERKINI