oleh

Pembukaan Expo Konawe Gemilang 59 Tahun Dibuka dengan Tari Kolosal dan Pukul Gong

-Lipsus-1,325 views

SultraOne, Konawe – Acara Expo Konawe Gemilang HUT Konawe yang ke-59, dihadiri langsung Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa dan Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara. Turut hadir Ketua DPRD Konawe, H. Ardin, Dandim 1417 Kendari, Letkol CPN Lutvi Haris Wijaya, SE., M.I.Pol., Sekretaris Daerah Konawe, Ferdinand, serta sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD)

Sebelum pemukulan gong tanda dibukanya Expo, tamu undangan dan masyarakat disuguhkan dengan tarian kolosal oleh puluhan pelajar yang berasal dari SMAN 1 Unaaha, SMAN 2 Unaaha dan SMAN Wawotobi.

Penari pria beraksi dengan sebuah tiang lengkap dengan kain bendera 3 warna, yakni hitam biru putih. sedangkan perempuan menari dengan selendang putih. tarian tersebut berlangsung dengan durasi sekitar 12 menit.

Setelah tarian selesai, GTS kemudian melakukan pemukulan gong. Ia pun menjelaskan bahwa kegiatan Expo tersebut menjadi salah satu cara untuk meningkatkan nilai kebersamaan dan persatuan.

“Kami setiap tahunnya senantiasa akan menyelenggarakan kegiatan yang sebagian besar secara substansial terinteraksi dengan masyarakat, baik olahraga, pagelaran seni dan juga budaya,” ungkapnya.

Nilai kebersamaan tersebut, menjadi inspirasi sekaligus melatarbelakangi Pemda Konawe untuk menjadikan kegiatan olahraga dan seni budaya itu sebagai salah satu upaya membangun nilai nilai kearifan lokal yang mulai meredup digilas perkembangan zaman.

Orang nomor dua di Konawe itu juga mengharapkan partisipasi dari masyarakat dalam menyambut kegiatan Expo Konawe Gemilang 59 Tahun.

“Semoga ini menjadi indikasi tumbuhnya semangat kebersamaan dan persatuan yang akan bermuara pada terbangunnya kembali nilai nasionalisme pada masyarakat, terkhusus rasa bangga dan cinta kita kepada tanah leluhur wuta i Konawe ini,” harapnya.

Gusli juga menambahkan, pameran kali ini akan memangkat nilai-nilai lokal Konawe. Hal itu dilakukan mengingat tak sedikit dari nilai-nilai kebudayaan Konawe yang telah tergerus zaman. Sehingga, wajib untuk diangkat kembali dan diperkenalkan kepada khalayak.

Setelah pembukaan, Bupati dan Wakil Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa dan Gusli Topan Sabara, bersama dengan Ketua DPRD Kabupaten Konawe, Ardin, berjalan di setiap stand pameran untuk melihat berbagai macam benda pameran.

Rombongan Kery Saiful Konggoasa terlebih dahulu mengunjungi stand pameran Kecamatan, sementara rombongan Gusli Topan Sabara mengunjungi stand pameran OPD, hingga akhirnya mereka bertukar tempat.

Kery bahkan seringkali memuji beberapa tempat yang dikunjunginya, antara lain yang berhubungan dengan program sejuta ton beras dan sejuta ekor sapi.

“Dengan ini saya semakin yakin bahwa Konawe akan menjadi daerah yang terus berkembang, masyarakut pun akan semakin sejahtera,” pungkasnya.

Laporan : Redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *