oleh

Warga Binaan Anak dan Perempuan Kelas IIA Kendari Diajak Berteater

Sultraone.com, Konawe – Beberapa hari belakangan ada yang tampak berbeda dengan aktivitas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kendari. Warga binaan yang menghuni Lapas anak dan perempuan tampak ceria. Ya, mereka tengah disibukan dengan aktivitas workshop dan latihan teater.

Aktivitas itu merupakan bagian dari Program Hibah Cipta Perdamaian 2017. Program yang didukung sepenuhnya oleh Yayasan Kelola dan Kedutaan Besar Denmark. Abdul Razak Abadi yang akrab disapa Adhy Rical merupakan salah satu pemenang hibah tersebut untuk wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepada SULTRAONE.COM, Adhy Rical menuturkan, implementasi program tersebut tertuang dalam judul program yang ia sebut “Damai di Balik Jeruji.” Atas program tersebut, Adhy bersama kawan-kawannya menggelar workshop, pelatihan seni teater dan aktivitas lainnya kepada anak-anak dan perempuan di Lapas Klas IIA Kendari.

“Saya memilih anak dan perempuan, karena berbagai alasan. Salah satunya adalah kita ingin menggali lebih dalam tentang kehidupan dan aktivitas mereka di Lapas dan menuangkannya dalam bentuk pertunjukan seni teater yang menarik,” ujarnya.

Pria yang juga berprofesi sebagai videografer tersebut mengungkapkan, untuk menyukseskan kegiatan tersebut ia melibatkan berbagai pihak. Misalnya pemateri work shop, yakni Tanjung Niasari, Sasmita Sugiarti, Sumiman Udu, Asniwun Nopa, Emmy Astuti, Ahid Hidayat, Achmad Zain, Adhy Rical. Selanjutnya videografer, Rahmad Ladae, Ady Tiara, Ali. Fotografer, Arif Relano Oba, Aris Daeng, Jay Art Kendari, Intan, Jojon, Dedi, Dimas. Penyusun cerita dan sutradara, Ahid Hidayat dan Achmad Zain

“Mereka semua adalah ahli di bidangnya. Ini kami lakukan agar kegiatan ini betul-betul memberi kesan yang dalam bagi warga binaan anak dan perempuan di Lapas,” jelasnya.

Adhy menambahkan, program ini akan berakhir pada 26 Februari mendatang. Di acara puncaknya nanti bakal ditampilkan suguhan teaterikal dari anak dan perempuan penghuni Lapas. Ada juga pemutara film dokumenter pendek dan pameran fotografi yang menambil latar aktivitas di Lapas selama kegiatan berlangsung.

“Pertunjukan teater dan pemutaran film dokumenter pendek akan berlangsung di ruang aula dalam Lapas Klas IIA Kendari. Sedangkan pameran foto akan digelar di ruang besuk Lapas,” tandasnya. (Sultrakini.com)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI