oleh

Pembangunan Sarana Air Bersih di Desa Puuwonua PT. BNN Siapkan Anggaran 1,5 Milyar

-Konut-1,466 views

SultraOne.com.Konut – Perduli dengan kesejahteraan masyarakat setempat, Menejemen Perusahan PT.Bumi Nikel Nusantara (PT.BNN) siapkan anggaran 1,5 Miliyar untuk pembangunan sarana air bersih di Desa Puuwonua Kecamatan Andowia, Kab. Konawe Utara (Konut).

Kepada media ini Humas PT.BNN Yayat Hidayat Harun S.H, menjelaskan dahwa, sebagai bentuk tanggung jawab Perusahaan terhadap kesejahteraan masyarakat, menagemen PT. BNN berinisiatif untuk membangun sarana air bersih yang baru, mengingat sumber mata air yang selama ini di gunakan oleh penduduk Desa Puuwonua sudah tidak layak untuk di gunakan.

“Ini menyangkut kesejahteraan masyarakat, sehingga program utama perusahaan saat ini hanya fokus kepada pembangunan sarana air bersih saja, anggarannya sudah ada pelaksanaan kegiatan dilapangan pun sudah mulai berjalan, insya allah dengan niat yang tulus perusahaan akan terus berupaya untuk memberikan yang terbaik terkhusus kepada masyarakat setempat,“ ucap Bang Yayat sapaan akrabnya pada hari, senin 10 januari 2022.

Kata Dia, perusahaan telah porsikan anggaran untuk pembangunan sarana air tersebut yang nantinya bisa melayani lebih dari satu penduduk wilayah Desa.

“Untuk pembangunan sarana air bersih ini target penyalurannya ada dua desa, yaitu puuwonua dengan puusuli, tetapi yang menjadi prioritas kami saat ini hanya masyarakat desa puuwonua dulu, adapun nanti kalau ada perubahan itu tergantung dari titik sumber mata air apakah debit airnya mampu untuk melayani dua desa atau tidak, Tim trecing saat ini masih berusaha untuk menemukan sumber mata air yang maksimal” Tandasnya.

Sementara dari pantauan Awak Media Ini, sangat jelas terlihat semangat dan antusias beberapa Staf Karyawan Perusahaan PT. BNN yang berkolaborasi dengan Warga serta pemerintah Desa setempat dalam melakukan aktifitas tahapan awal proses pembangunan sarana air bersih di desa Puuwonua.

Masing-masing Tim telah di bagi untuk melakukan kegiatan seperti, Trecing jalan penempatan alur pipa, trecing pencarian sumber mata air yang maksimal, sampai dengan pemasangan dan penanaman fisik pipa yang tersedia.

Ditempat yang sama, salah satu unsur dari Pemerintahan Desa yang juga turut serta dalam kegiatan Itu, sekdes Puuwonua menuturkan, keterlibatan masyarakat dan pemerintah Desa dalam proses tahap awal pembangunan sarana air tersebut merupakan inisiatif dari Menejemen Perusahaan PT.Bumi Nikel Nusantara (BNN).

“Inisiatif ini merupakan bentuk niat baik perusahaan yang sengaja melibatkan kami dalam tahapan tersebut, tujuannya agar nanti hasil dari pembangunan sarana air bersih ini dapat kami gunakan dalam jangka waktu yang panjang sesuai dengan keinginan kami sebagai masyarakat setempat” ungkap sekdes puuwonua saat berada dilokasi penyambungan pipa.

Menurut Sekdes, teknis awal pembangunan sarana air bersih yang saat ini di kerjakan sangat jauh berbeda dengan yang lainnya, mulai dari elepasi penempatan jalur pipa, sampai dengan standar penanaman fisik pipa kedalam tanah benar-benar di kerjakan dengan baik, selain itu,ketebalan fisik pipa juga sangat meyakinkan bahwa sarana air tersebut akan di nikmati baik oleh masyarakat serta akan bertahan dalam jangka waktu yang panjang.

Dilain tempat, Kades Puuwonua juga menyampaikan bahwa, sumber mata air lama saat ini tidak di gunakan lagi oleh penduduk Desa Puuwonua, dalam bentuk upaya menetralisir ketersediaan pasokan air bersih warga, pihak Perusahaan PT. BNN melakukan langkah Persuasif dengan mengeoprasikan satu unit water tank yang setiap harinya menyuplai kebutuhan air keseluruh warga Desa Puuwonua.

“keseriusan perusahaan dalam menangani air bersih Ini merupakan bukti bahwa kehadiran PT.BNN dibumi oheo akan memberikan dampak positif bagi masyarakat, selain dapat mengurangi angka pengangguran, potensi dari aktipitas perusahaan juga dapat menunjang ekonomi warga setempat,’’ tutup Kades Puuwonua.

Laporan: Wiwin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI