oleh

DPRD Butur Didesak Selesaikan Polemik Non Job di Lingkup Pemkab Butur

SultraOne.com.Butur – DPRD Buton Utara (Butur) didesak segera memanggil Sekda Muh. Hardhy Muslim terkait nonjob atau pembebastugasan sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terjadi di lingkup Pemerintah Kabupaten Buton Utara.

Tuntutan itu disampaikan Forum Mahasiswa Menggugat melalui aksi unjuk rasa di Kantor DPRD Butur, pada hari ini Jum’at 10 September 2021

Salah seorang orator, Sudin mengatakan, pembebastugasan atau nonjob sejumlah ASN tersebut harus disikapi secara serius. Pasalnya, dalam melakukan hal itu, Sekda Muh. Hardhy Muslim diduga tidak memiliki dasar hukum yang kuat.

“Butur ini lahir atas perjuangan seluruh masyarakat Butur. Sehingga persoalan ini harus disikapi,” pintanya.

Sudin sangat berharap, setelah memanggil Sekda Muh. Hardhy Muslim, DPRD Butur harus segera melaporkan persoalan tersebut ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Sudin menilai, nonjob sejumlah ASN tanpa dasar hukum yang kuat, hal itu sama saja dengan melakukan pembunuhan karakter putra daerah. Sehingga mereka harus dikembalikan kepada jabatan semula.

“Ini sangat ironis, ada yang tidak memenuhi syarat tapi sudah diberi jabatan,” tandasnya.

Ketua DPRD Butur Diwan mengatakan, persoalan pelantikan pejabat yang dilakukan pekan lalu merupakan kewenangan penuh pemerintah daerah. Namun, aspirasi yang disampaikan Forum Mahasiswa Menggugat sudah didengarkan.

“Masalah ini bukan hari ini tuntas. Meskipun kami sudah dengar keluhan itu,” tandasnya.

Menurut Diwan, soal nonjob DPRD Butur akan mempelajari aturannya seperti apa. Sehingga persoalan itu akan dikonsultasikan terlebih dahulu.

“Kami juga akan telusuri kenapa terjadi seperti ini,” tuturnya.

Wakil Ketua DPRD Butur Ahmad Afif Darvin menyatakan, pihaknya konsisten terhadap tuntutan yang disampaikan Forum Mahasiswa Menggugat ini. Meski begitu, unsur pimpinan akan menggelar rapat terlebih dahulu untuk melakukan pemanggilan.

“Tuntutan teman-teman ini sebentar kita akan rapatkan bersama teman-teman. Kita akan pelajari aturannya. Sebentar kita koordinasi untuk hering. Hasil ini akan menjadi bahan kita untuk melaporkan ke Mendagri dan KASN,” tegasnya.

Anggota DPRD Butur Rahman menegaskan, sejak awal pihaknya konsisten mendukung langkah yang dilakukan sejumlah ASN yang dibebastugaskan atau nonjob untuk menempuh upaya hukum.

Bahkan, lanjut dia, secara kelembagaan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan memperjuangkan hak-hak ASN yang tertindas ini.

“Kita akan panggil Sekda dan seluruh tim yang terlibat dalam pelantikan tersebut,” tegasnya.

Menurut leguslator dua periode ini, seharusnya semua pihak memiliki pemikiran yang sama untuk membangun daerah. Tetapi bila ada arogansi seperti yang terjadi maka daerah ini tidak maju.

Diketahui, pada Jumat 3 September 2021, Bupati Butur Ridwan Zakariah melakukan pelantikan dan menonjob sejumlah ASN. Parahnya, hingga saat ini para ASN tersebut belum mengantongi SK. Sehingga mereka kebingungan akan berkantor dimana.

Laporan : Wahid

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *