oleh

Pemkab Butur Bersama Polres Buton Utara Selenggarakan Operasi Katarak Gratis

SultraOne.com.Butur – Dalam rangka Hari Ulang Tahun Kabupaten Buton Utara yang Ke-14 dan Hari Ulang Tahun Bhayangkara, Pemerintah Kabupaten Buton Utara bersama Polres Buton Utara menggelar Operasi Katarak Gratis.

Pelaksanaan operasi Katarak gratis yang di gelar oleh Pemkab Butur bersama Polres Buton Utara berlangsung di Aula Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Buton Utara, pada hari ini Senin, 28 Juni 2021.

Bupati Buton Utara (Butur) Muhammad Ridwan Zakariah, didampingi Wakil Bupati Kompol (Purn) Ahali bersama Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Yuni Nurmalawati, meninjau pelaksaan operasi katarak gratus.

Ridwan Zakariah mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi terselenggaranya kegiatan tersebut Operasi katarak gratis ini tentunya akan membantu meringankan beban masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Saya ucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya dan partisipasi dari Persatuan Dokter Ahli Mata Indonesia Cabang Sulawesi Selatan,” tutur Ridwan Zakariah

Ridwan Zakariah berharap kegiatan ini tidak hanya diselenggarakan pada pelaksanaan HUT Butur atau HUT Bhayangkara saja, tetapi dapat terus berkelanjutan.

“Karena kita ketahui, bagi penderita katarak tidak segera melakukan penyembuhan maka akan menghawatirkan,” tegasnya

Bupati Buton Utara juga menegaskan, aksi sosial seperti ini selalu dilakukan sebagai upaya untuk membantu meringankan beban masyarakat, juga komitmen dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di daerah.

“Mari kita tunjukkan kepedulian kita melalui kegiatan bakti sosial, salah satunya dengan operasi katarak secara gratis,” pungkasnya.

Saat yang sama, Direktur RSUD Butur, dr. Izanuddin, memaparkan bakti sosial operasi katarak ini memberikan pelayanan bagi para penderita katarak mencakup wilayah 10 puskesmas yang ada di Butur.

Kegiatan ini sebagai upaya penanggulangan kebutaan akibat katarak dan membantu masyarakat yang mengalami gangguan penglihatan, untuk mendapatkan kembali penglihatannya.

“Tentu saja kami dari pihak rumah sakit menyambut positif kegiatan ini, karena tujuan kami adalah menjamin meningkatkan derajat kesehatan khususnya melayani kesehatan mata di wilayah Butur,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, bakti sosial ini guna meningkatkan kualitas hidup sekaligus mendorong peningkatan ekonomi masyarakat, sehingga mereka yang sudah dioperasi bisa beraktivitas sehari-hari dan mencari nafkah.

Dalam kegiatan ini, pihaknya menarget sebanyak 60 orang akan mendapatkan layanan operasi katarak gratis. Namun setelah dilakukan screening, hanya 39 orang pasien yang lulus.

“Bahkan sampai hari ini masih banyak masyarakat yang menginginkan untuk dilayani,” tutupnya.

Laporan: Wahid

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI