oleh

Satu Unit Mobil Lab Swab di Hadirkan Pemda Konawe Untuk Calon TKL

-Konawe-1,611 views

SultraOne.Com, Konawe – Pemerintah Daerah Kabupaten (pemkab) Konawe bekerjasama dengan PT. Cahaya Lentera Perkasa yang merupakan induk Lentera Healthcare dalam menangani wabah Covid-19 di daerah Konawe.

Dalam kerjasama itu, Satu unit mobil laboratorium swab itu sudah didatangkan pemkab dan ditempatkan di Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit (RS) Konawe. Jumat, 02 Oktober 2020.

Kendaraan laboratorium tersebut bakal dipergunakan untuk memfasilitasi uji swab calon tenaga kerja lokal (TKL) yang menjalani tahap seleksi di PT VDNI dan PT OSS.

Wakil Bupati (Wabup) Konawe, GTS megatakan bahwa mobil laboratorium tersebut dihadirkan untuk membantu mempercepat proses pemeriksaan tes Covid-19 bagi calon TKL dengan menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR).

“Secara umum semua masyarakat tetap diperkenankan untuk memeriksakan kondisi kesehatannya di mobil laboratorium PCR Covid-19 itu,”Kata GTS

Lanjut GTS, Kita ingin lebih dini mengidentifikasi apakah seseorang itu terserang korona atau tidak, selama ini hasil uji swab itu baru bisa keluar paling cepat 4 sampai 5 hari.

“Dengan adanya kendaraan lab swab ini, uji swab seseorang itu bisa diketahui dalam hitungan beberapa jam saja,” ungkap GTS.

GTS Menambahkan, biaya uji swab pada mobil laboratorium itu relatif lebih murah jika dibanding melakukan tes swab ditempat lain. Biaya yang dikenakan hanya Rp 600 ribu, lebih rendah jika melakukan tes swab mandiri di tempat lain yang biayanya berkisar Rp 1-2 jutaan.

“Tak ada ketentuan waktu terkait kolaborasi dengan pihak perusahaan terkait penyediaan mobil laboratorium PCR Covid-19 itu, bahkan mengungkapkan keinginannya agar nantinya kendaraan itu nantinya bisa menjadi milik pemda Konawe,” harapnya

Untuk diketahui, Mobil tersebut baru ada tiga di Indonesia. Untuk wilayah Sulawesi, baru di Konawe. Duanya lagi ada di Kalimantan Timur dan NTT.

Di tempat yang sama, penanggung jawab Laboratorium BLUD RS Konawe, dr. Ucy Nadjmiyah Sp.PK, menjelaskan, untuk tahap awal, mobil laboratorium PCR Covid-19 itu nantinya akan dioperasikan dulu oleh tim kesehatan yang didatangkan dari Jakarta.

“Sambil berjalan waktu, para tim medis pusat itu akan juga melakukan transfer ilmu kepada tenaga medis di Konawe berkaitan cara pengoperasian fasilitas yang ada di dalam kendaraan tersebut,” kata dr.Ucy

Lanjut dr Ucy, tim kesehatan yang datang dari Jakarta itu berjumlah tujuh orang. Terdiri dari lima ahli teknologi laboratorium medik (ATLM) serta dua orang admin, alat di dalam mobil laboratorium PCR Covid-19 ini terbilang lengkap. Mulai dari mesin PCR, ekstraksi DNA, serta alat kelengkapan lainnya.

“Dari ambil sampel hingga keluar hasilnya swabnya, bisa dilakukan di mobil ini, untuk satu sampel swab, pemeriksaan medisnya bisa dikerjakan dalam waktu 3-4 jam dengan menggunakan mobil laboratorium PCR Covid-19 itu,”

“Sehingga dalam sehari, tenaga medis diproyeksi bisa melayani pemeriksaan uji swab di kisaran 200 hingga 300 sampel, Mobile lab PCR Covid-19 ini bisa melayani hingga 15.000 sampel uji swab,” tutup dr. Ucy.

Laporan : Redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI