oleh

Yunarto Wijaya Sebut 4 Sosok Ini Akan Maju di Pilpres 2024

SultraOne.Com, Jakarta – Di kutip dari TribunJakarta.Com, pengamat politik Yunarto Wijaya, mengatakan empat sosok yang akan memiliki potensi besar berkopetensi di Pilpres 2024.

Melalui kanal YouTube Robert Harianto, Yunarto Wijaya menjelaskan, Pilpres 2024 kemungkinan merupakan momen yang berbeda.

“2024 itu momen terbesar regenerasi. Dulu-dulu bisa ketebak yang maju sebagai Presiden Indonesia itu berdarah biru, punya partai, cucunya pendiri NU dan sebagainya.
Nama-nama itu kerap kali muncul (di Pilpres) tetapi apa yang terjadi dengan Jokowi, dia mendobrak nama itu semua,” ujar Yunarto Wijaya.

Yunarto Wijaya berpendapat, pada pesta demokrasi 2014, Jokowi berhasil memenangkan Pilpres, meski dirinya tak memiliki latar belakang darah biru dan memiliki partai.

“Kalau 2024 itu berbeda karena sosok yang masih nafsu ingin maju jadi Capres itu secara biologis sudah tua, jadi seharusnya tak perlu memaksakan diri. Terlebih secara psikologis, jika memaksakan orang tua yang maju maka tak akan menang. Dan di momen ini ketika orang-orang yang bertarung secara teknokratis punya peluang. Misalnya Tri Rismaharini, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Sandiaga Uno,” aku Yunarto Wijaya.

Berkaca pada Pilkada daerah kota istimewa (DKI) Jakarta 2017 dan Pilpres 2019 lalu, Yunarto Wijaya lantas menuturkan biasanya terdapat sebuah kejutan di akhir-akhir pemilihan tersebut dengan munculnya sosok yang tak terduga.

“Sejarah Indonesia memperlihatkan di tikungan terakhir, biasanya yang mengejutkan itu yang menang. Yang tak pernah lo sangka, seperti masa saat SBY mundur dari menteri, Gus Dur yang tiba-tiba mengalahkan Megawati,” ujar Yunarto Wijaya.

Banyaknya kejadian tersebut, Yunarto Wijaya menuturkan, tak menutup kemungkinan ia mendukung Anies Baswedan maupun Prabowo Subianto jika lawan mereka memiliki kemampuan yang lebih buruk.

“Minimal muncul ada nama lain yang bisa menguji kemampuan kedua orang tersebut, terlebih untuk kepala daerah. Gue berharap dengan Ganjar Pranowo, Tri Rismaharini dan sebagainya bisa bertarung dengan berbagai ide mereka.” imbuh Yunarto Wijaya.

Lanjutnya, Yunarto Wijaya memaparkan analisanya terkait sosok yang maju di Pilpres 2024 mendatang.

“Lo jawab dengan inisial aja ya, secara voling lo yang punya. Inisialnya siapa aja?” tanya Robert Harianto.

“P, A, G, S,” tegas Yunarto Wijaya.

Laporan : Redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI