Make Image responsive
by

Ciptakan Generasi Yang Melek Demokrasi, KPU Konawe Gelar Audiensi RPP Kepada Pelajar

-Konawe-202 views

SultraOne.Com, Konawe – Meski tak melaksanakan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak di Tahun 2020, KPU Kabupaten Konawe tetap bergiat melakukan sosialisasi dalam bentuk Audensi Rumah Pintar Pemilu (RPP). Kamis, 28 November 2019.

Tujuan dari kegiatan sosialisasi ini adalah untuk mengenalkan adanya RPP di KPU Kabupaten Konawe, yang diberinama RPP Lakidende.

Audensi ini dilakukan di lima sekolah menengah pertama yakni SMPN 1 Unaaha, SMPN 3 Unaaha, SMPN 1 Wawotobi, SMPN 1 Lambuya dan SMPN 3 Tongauna.

Andang Masnur selaku Koordinator Divisi Sosialisasi, Parmas dan SDM KPU Kabupaten Konawe mengatakan, bahwa kegiatan ini selain mengenalkan bahwa KPU Konawe mempunyai Perpustakan Demokrasi berupa Rumah Pintar Pemilu (RPP) Lakidende, juga memberikan pemahaman seputar sistem demokrasi yang ada di Indonesia.

“Masih banyak yang belum mengetahui adanya Rumah Pintar Pemilu ini, untuk itu kami melakukan sosialisasi ketingkat pelajar menengah untuk memberikan informasi tentang RPP ini. Selain itu juga kita memberikan materi seputar sistem demokrasi dan Pemilu di Indonesia”.

“Harapan besar kita kedepan agar generasi muda kita bisa lebih melek demokrasi dan tahu tentang prinsip dan nilai-nilai demokrasi di Indonesia. Sehingga tidak ada lagi konflik horisontal yang terjadi karena perbedaan pilihan dalam Pemilu atau Pilkada”. Imbuh Andang Masnur

Di tempat terpisah Muh. Azwar selaku Ketua KPU Konawe mengatakan bahwa dasar berdirinya RPP Lakidende di KPU Konawe ini adalah adanya surat dari KPU RI Nomor : 86/HM.03.5-SD/06/KPU/I/2018 tentang Pembentukan RPP.

“Berdasarkan surat tersebut kami telah menindaklanjuti dan alhamdulillah RPP Lakidende ini telah dibuka dan diresmikan sejak 30 Agustus 2018 lalu”. Ungkapnya

Kegiatan sosialisasi ini tidak hanya dilakukan ditingkat pelajar, namun juga dilaksanakan di setiap lapisan masyarakat.

“Selain melakukan audensi ke para pelajar kita juga melakukan fasilitasi atau mengundang kelompok masyarakat atau pelajar untuk berkunjung ke RPP kami, agar semua elemen mengetahui.” Tutup Muh. Aswar.

Laporan : Redaksi

Make Image responsive
Make Image responsive

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERKINI