Make Image responsive
by

Rujinah Eka Purnamasari Dari PKL Menuju Kursi Parlemen

-Koltim, Lipsus-395 views

SultraOne.Com, Kolaka Timur – Rujinah Eka Purnamasari adalah 1 dari 3 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kolaka Timur periode 2019 – 2024 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, yang dulunya adalah pedagang makanan di Kabupaten Kolaka.

Lulusan Madrasah Aliyah Negeri (Man) 2 Jember tersebut awalnya tak memiliki cita-cita untuk menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Jauh sebelum dirinya masuk dunia politik, Rujinah bercerita bahwa dirinya beraktivitas sebagai pedagang kaki lima (PKL) rumah makan di Kabupaten Kolaka pada Tahun 1999 hingga 2007.

Rujinah Eka Purnamasari Anggota DPRD Koltim periode 2019-2024 partai PDIP

Setelah itu, di Tahun 2009 dirinya mencoba peruntungannya di dunia politik mencari ruang baru dengan bergabung pada Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dalam kontestasi pilcaleg Tahun 2009, nampaknya keberuntungan tersebut tidak memihaknya, sebab pada hasil perhitungan suara, dirinya tidak terpilih sebagai anggota DPRD.

Tahun 2014, Saat Kabupaten Kolaka Timur masih menjadi satu kawasan wilayah Kabupaten Kolaka, dirinya kembali maju dalam pemilu melalui Partai yang dibesut oleh Mantan Jendral Kopasus Tentara Nasional Indonesia (TNI) Prabowo Subianto, yakni Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), lagi-lagi dirinya tidak terpilih untuk kedua kalinya.

Foto Keluarga Rujinah Eka Purnamasari, Indri Rusdiana Wulandari (Kanan) Muhamad Naela Risoun Naft (belakang) Livi Intan Purnamasari (putri bungsu Rujinah) Rustamaji (Kiri, Suami Rujinah)

Hal tersebut nampaknya tidak menyurutkan semangatnya atas niat menjadi wakil rakyat. Tahun 2019 setelah diskusi panjang bersama sang suami, Rujinah Eka Purnamasari memutuskan maju kembali dalam kontestasi pilcaleg melalui partai PDIP dan terpilih.

Dengan perolehan suara 891 terbanyak di partainya, Daerah Pemilihan Kecamatan Ladongi dan Kecamatan Poli polia, kini dia menjadi salah satu dari 25 Anggota DPRD Koltim.

Wanita kelahiran 3 Oktober 1976 dari Kota Jember Provinsi Jawa Timur, memiliki 2 putri dan satu putra dari pernikahannya dengan Rustamaji. Anak pertamanya Indri Rusdiana Wulandari (21) kini tengah mengenyam pendidikan di Universitas Haluoleo (Uho) Kendari Fakultas Hukum, putra keduanya Muhamad Naela Risoun Naft masih bersekolah di Sekolah Menegah Pertama (SMP) Umbul Sari Jember, dan putri ketiganya Livi Intan Purnama Sari masih duduk bangku Taman Kanak-Kanak Desa Lalowosula.

Laporan : Redaksi

Make Image responsive
Make Image responsive

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERKINI