oleh

KPU Provinsi Sultra Akan Menggelar Debat Publik Pasangan Cagub dan Wagub Sultra

-Lipsus, Politik-1,384 views

KENDARI.SULTRAONE.com – KPU Prov Sultra melaksanakan debat publik pasangan Cagub dan Wagub diselenggarakan sebanyak dua kali. Untuk debat pertama ini akan dilaksanakan pada tanggal 5 April 2018 pukul 19.30 Wita bertempat di hotel Clarion yang akan disiarkan live Metro Tivi.

Ketua KPU Provinsi Sultra,Hidayatullah  dalam ketetangan Persnya mengatakan Debat publik Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Sultra merupakan salah satu upaya untuk menyebarluaskan profil, visi dan misi serta program kerja pasangan calon kepada masyarakat. Dengan adanya debat ini, posisi kebijakan pasangan calon akan dapat di elaborasi lebih dalam dan luas atas setiap tema yang didiskusikan. Dengan harapan kami terlaksananya debat publik ini dapat memberikan informasi yang komprehensif sebagai salah satu pertimbangan masyarakat Sultra dalam menentukan hal pilihnya.

“Untuk Host sekaligus moderator debat telah diputuskan oleh KPU Prov Sultra adalah Aviani Malik yang juga adalah Profesional Moderator dan Master Of Ceremoni Metro TV sejak tahun 2007 s.d sekarang”Ungkapnya

Adapun materi debat pertama ini akan mengulas 3 (tiga) tema besar dari 7 (tujuh) tema umum yang disiapkan oleh KPU Prov Sultra sesuai ketentuan regulasi Kampanye Pilkada.
Ketiga Tema besar tersebut dibagi menjadi beberapa sub-tema sebagai berikut;
Tema pertama Reformasi Birokrasi ,Sub-tema; Tata Kelola Pemerintahan dan Inovasi Pemerintahan.Tema kedua Pelayanan Publik,Sub-tema; Pendidikan transportasi, kesehatan, dan perizinan,dan Tema ketiga Peningkatan Kualitas HidupMasyarakat,Sub-tema; Sarana air bersih, agama, budaya, infrastruktur, pariwisata, teknologi informasi,Ujarnya

Ia melanjutkan,Dalam tema debat tersebut untuk menyusun materi debat KPU Prov Sultra mendapat masukan dari 5 (lima) orang Professor sebagai pakar dibidang masing-masing yang memiliki kapasitas dan kredibilitas tinggi. Siapa para Profesor dan pakar ini kami sangat merahasiakan agar tidak dapat dilakukab pendekatan oleh para paslon. Demi menjaga kerahasiaan pertanyaan yang diajukan sesuai tema nantinya.

“Baik moderator maupun Panelis dari pakar tersebut harus dapat terjamin integritas, Jujur, dan tidak memihak salah satu Pasangan Calon, sedangkan khusu moderator ditambah satu syarat yaitu Simpatik.Baik Panelis dari Pakar tersebut dan moderator akan menandatangani pakta integritas berupa surat pernyataan atas sikap tersebut serta menjaga kerahasiaan materi pertanyaan”Kata Hidayatullah

Untuk diketahui,masing-masing Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur pada debat publik tersebut dapat mengikutsertakan tim kampanye/tim pendukung paling banyak 100 (seratus) orang. Untuk pendukung lainnya yang tidak dapat diakomodir dalam ruangan debat bisa menonton live dari posko masing-masing. Dan warga masyarakat bisa menonton live tersebut di rumah masing-masing.
Sumber : KPU Provinsi Sultra

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI